Workshop Keprotokoleran Mahasiswa Hadirkan Tim Work yang Handal


Kuningan - Seleksi Anggota Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) STKIP Muhammadiyah Kuningan Angkatan I Tahun 2020.

Jum'at, 3 Januari 2020 Bertempat di Gedung C Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kantor Kesekretariatan Pimpinan, bersama Bagian Kemahasiswaan dan didampingi oleh perwakilan mahasiswa mengadakan proses seleksi administrasi dan wawancara dan akan dilanjutkan tes bakat yang akan dilaksanakan besok hari yang menjadi rangkaian seleksi tahap ketiga open recrtuitment KPM STKIP Muhammadiyah Kuningan Angkatan I.

Proses seleksi tahap 1 dan 2 berlangsung selama hampir setengah hari penuh sejak pukul 14.00-16.00 WIB, Jumat (3/1/2020), dengan menghadirkan sejumlah dewan juri dari internal STKIP Muhammadiyah Kuningan yang sebagian besar diantaranya merupakan Dosen dan perwakilan Mahasiswa, antara lain: 1) Agus Saeful Anwar, M. Pd (Kepala Kantor Kesekretariatan Pimpinan); 2) Dedi Iskandar, M. Pd (Kepala Bagian Kemahasiswaan); 3) Nana Sutarna, M.Pd (Kepala Bagian Akademik); dan 4) Imam Agung Fauzi (Mahasiswa Berprestasi)

Sesi kedua tahap wawancara yang diikuti oleh 60 calon anggota KPM STKIP Muhammadiyah Kuningan diwawancarai para juri yang terbagi dalam tiga tim. Satu per satu diantara mereka, memberikan jawaban terbaiknya pada setiap pertanyaan yang dilontarkan tim juri baik dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris sehingga kesempatan ini dimanfaatkan oleh peserta untuk menunjukan kemampuan bahasa asing yang mereka miliki. Adapun penilaian dalam tahap ini berdasarkan empat aspek yang telah ditentukan, diantaranya: 1) Komitmen; 2) Problem Solving; 3) Manajemen Waktu; serta 4) Loyalitas dan Solidaritas.

Sementara itu, usai dilakukan sesi wawancara saatnya calon peserta akan mengikuti sesi berikutnya yaitu penerimaan materi tentang keprotokoleran yang akan diberikan langsung oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Bapak Nanan Abdul Manan, M. Pd, pada sesi tersebut akan diperkuatnya kecakapan peserta dalam kemampuan public speaking, setelah sesi penyampaian materi baru mereka akan masuk pada tahap akhir tes tentang minat dan bakat, dengan memberikan penampilan yang terbaik, seperti menyanyi, menari, master of ceremony (MC), bermain alat musik, bermain peran (teater), public speaking, story telling, membaca puisi, hingga tampilan-tampilan kolaborasi yang tidak sedikit akan memukau tim juri. Sebagai ketua tim seleksi Oman Suryaman, M.Pd menegaskan bahwa setiap tahap seleksi yang dilewati calon anggota hasilnya akan diakumulasi dan dijadikan dasar penilaian untuk menentukan lolos atau tidaknya menjadi anggota KPM STKIP Muhammadiyah Angkatan I.

Menurut Hermawan, M. Si., selaku Wakil Ketua II bidang Keuangan dan SDM rangkaian seleksi yang dilalui oleh calon anggota merupakan tahap yang tidak sederhana, sehingga pihak lembaga cukup mengapresiasi atas kesungguhan dan totalitas calon anggota pada setiap tahap yang dilewatinya. “…mulai dari melengkapi berkas administrasi dilanjutkan dengan tes wawancara dan yang terakhir tes minat dan bakat. Saatnya panitia bekerja keras mengolah hasil penilaiannya, memutar otak menentukan siapa yang terbaik dari yang baik, memiliki loyalitas, sense of belonging pada Lembaga STKIP Muhamamdiyah Kuningan, selain cerdas, berkepribadian, multitalenta, dan tentunya anggota yang lolos berdasarkan persetujuan Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan juga,” ujar Hermawan.

"lolos atau tidak lolos bukanlah persoalan yang penting, tetapi keberanian mencalonkan diri, ketegaran dan komitmen yang dilakukan melalui proses penyeleksian tahap demi tahap adalah pengalaman berharga yang tidak dimiliki oleh banyaknya mahasiswa." ujar Nanan Abdul Manan.

Bagi mahasiswa yang lolos dalam seleksi ini akan ditunggu komitmen, kreatifitas dan inovasinya untuk mengembangakan KPM STKIP Muhammadiyah Kuningan dan bagi yang tidak lolos kami yakin masih terbuka luas organisasi-organisasi yang siap menampung kreatiftias dan inovasi anda, jelas Agus Saeful Anwar. (asa)