350 Atlet Silat Ikuti Kejurda VI Tapak Suci Putera Muhamamdiyah Kuningan


Kuningan - Pimpinan Daerah 143 Tapak Suci Putera Muhamamdiyah Kuningan yang merupakan salah satu Ortom dari Persyarikatan Muhammadiyah di Kabupaten Kuningan, sukses menyelenggarakan Kejuaraan Daerah ke-VI (enam) antar Cabang tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Auditorium SMK Negeri 3 Kuningan sebagai pengingat sejarah lahirnya tapak suci Kuningan tahun 1991/1992 pertama kali di SMKN 3 Kuningan yang dulu namanya masih STM Gunung Keling.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kab. Kuningan Dr. H Ukas Suharsaputra, M.Pd, digelar hari Jumat – Minggu, (24-26/1/2020), dalam sambutannya Ketua IPSI "mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya atas apa yang telah di lakukan pengurus pimpinan daerah tapak suci Kab. Kuningan, kegiatan ini dalam rangka mencetak atlet-atlet yang berprestasi dengan harapan para pesilat dapat menunjukkan prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Kuningan dan kancah nasional." Jum'at (24/1).

Hermawan, M.Si selaku Ketua Pimda Tapak Suci Kab. Kuningan menyampaikan bahwa kejuaraan ini selain untuk melestarikan seni budaya bangsa dan kecintaan kepada pencak silat, kegiatan ini juga dapat mencetak atlet-atlet Pencak Silat Tapak Suci dari seluruh cabang yang ada di Kab. kuningan. “Kejuaraan daerah ini sebagai wadah mempersiapkan para atlit potensial untuk gabung di Tim Platda dalam persiapan menghadapi Kejuaraan wilayah (Tingkat Provinsi), Kejuaraan Nasional (tingkat nasional), bahkan internasiolan, sehingga suatu saat kedepan atlit Kuningan bisa tembus di kejuaraan Sea Games", tegas Hermawan (24/1/2020)

Sementara itu Drs. Wahid TBk, MA selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhamamdiyah (PDM) Kuningan menyampaikan dirinya sangat bangga dan apresiasi bahwa "dari tahun ke tahun para atlit tapak suci di Kab. kuningan semakin bertambah, baik jumlah cabang maupun anggotanya, semoga dengan kejurda tahun ini bisa mengukur kemampuan hasil latihan dari masing-masing Cabang sehingga melahirkan atlit yang berbakat. Dengan harapan di tahun depan semua cabang Tapak Suci se-Kabupaten Kuningan bisa ikut kejuaraan ini lebih banyak lagi,” kata Wahid, Jum'at (24/1).

Momon Rohmana, ST, selaku ketua pelaksana dalam pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan Kejurda yang ke- VI ini diikuti sebanyak 37 (tiga puluh tujuh) Cabang yang ada di Kab. Kuningan dengan jumlah keseluruhan 350 peserta, yang terdiri dari tingkat usia dini, pra-remaja, remaja dan dewasa, Kejurda VI kali ini memperebutkan trophy juara umum dari SMK Muhamamdiyah 2 Kuningan untuk tingkat SMP/MTs, dan untuk tingkat SMA/SMK/MA memperebutkan trophy juara umum dari STIKes Muhamamdiyah dan STKIP Muhamamdiyah Kuningan, tegas momon, Jum'at (24/1).

Pembukaan Kejuaraan Daerah ke- VI tersebut dihadiri oleh Ketua IPSI Kab. Kuningan, Dr. H. Ukas Suharsaputra, M.Pd, Disdikbud Kab. Kuningan yang diwakili oleh Kabid Kebudayaan Emup Muplihudin, M.Pd, Ketua PDM Kab. Kuningan Drs. Wahid, Tbk., MA, beserta Pimpinan AUM, Pemuda Muhamamdiyah, Ortom, HW, IMM, dan perwakilan Kepala sekolah dari setiap cabang di Kab. Kuningan.

Hasil Kejuaraan Daerah ke-VI Tapak Suci Pimda 143 Kab. Kuningan tahun 2020 selesai pada hari Minggu, tanggal 26 Januari 2020, dengan peraih Juara Umum tingkat SMP/MTs yaitu: SMP Ainnurofiq Kuningan sebagai Juara umum pertama, MTs Negeri 7 Kuningan sebagai juara umum kedua, dan SMP Binaul Ummah Kuningan sebagai juara umum ketiga. Kemudian untuk kategori tingkat SMA/SMK/MA sederajat diraih oleh: SMA Binaul Ummah Kuningan sebagai Juara umum pertama, SMK Muhamamdiyah 2 Kuningan sebagai juara umum kedua, dan SMK 1 Japara Sebagai juara umum ketiga. (sekre/asa)

 

 


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp