Adab Lebih Utama Daripada Ilmu


Kuningan, UPMKnews --- Ada pepatah mengatakan "adab lebih utama daripada ilmu," bahkan Rasulullah SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik.

Begitu pentingnya akhlak dan adab hingga Allah Ta'ala menempatkanya sebagai hal yang paling utama. Sebab, kepintaran tidak ada artinya apabila seseorang tidak memiliki adab (etika). Ilmu menjadi berbahaya bagi pemiliknya dan orang lain karena tidak dihiasi akhlak.

Beberapa penegasan diatas menjadi spirit besar bagi kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, yang diimplementasikan melalui program 'Mentoring' oleh Lembaga Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).

Mentoring sendiri adalah salah satu kegiatan keislaman yang menjadi program unggulan Lembaga AIK STKIPM Ku. Program tersebut saat ini sedang diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 2, setiap hari Sabtu, di Masjid Kampus STKIPM Ku. 

Selain mendalami pengetahuan al qur'an, mahasiswa juga dibimbing tentang pemahaman keislaman, dan kemuhammadiyahan. Yang didalamnya mencakup akidah akhlak. 

Dengan mentoring ini berharap mahasiswa bisa lebih mendalami materi-materi keislaman juga kemuhammadiyahan. Program mentoring ini wajib diikuti oleh mahasiswa, ucap Asep Usamah, M.Pd.I, selaku Ketua Lembaga AIK kepada UPMKnews (20/3).

Mahasiswa tidak sekedar cakap secara intelektual tapi yang paling uatama mahasiswa memiliki cermin sebagai pribadi yang berakhlak baik dengan perdoman kepada nilai-nilai keislaman, tambah Asep lagi. 

Program mentoring juga menjadi prasyarat mahasiswa bisa mengikuti test BTQ dan Praktek Ibadah kelak pada semester berikutnya (di semester 4). 

Secara berkelompok mahasiswa dimentor langsung oleh para mahasiswa senior atau yang tergabung di UKM Islamic Study Club (ISC). Mereka sangat terlatih dan berkompeten, hal itu disampaikan langsung oleh Agung Saputra, S.Pd selaku penanggungjawab kegiatan. (sekre/vani)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp