Hidup Berkemajuan


Kuningan, UPMKnews - - Diksi berkemajuan merupakan distingsi yang dimiliki oleh Muhammadiyah dalam melakukan segala program humanity empowerment nya. Berkemajuan adalah simbol gerak langkah umat untuk senantiasa berorientasi pada nilai innovation, creativity, collaboration, improvement, dan valuable. Kelima karakteristik ini menghantarkan pada pemahaman tentang apa yang disebut dengan gerakan Muhammadiyah yang berkemajuan itu atau progressiveness in empowerment.

Pertama, innovation merupakan istilah lazim dimana karakter individu yang senantiasa berupaya untuk terus melakukan kebaruan atas dasar respon perubahan pola kehidupan sepanjang masa. Jika bahasa bijak mengatakan 'there is no permanent thing in this world except change..' (tidak ada yang abadi dalam kehidupan melainkan perubahan itu sendiri).

Makna ini menggambarkan bahwa karakter individu yang inovatif adalah ia tidak pernah protes atas segala perubahan paradigma kehidupan yang dipengaruhi oleh siapapun maupun apapun. Akan tetapi bagaimana perubahan itu dapat diatasi dengan cara-cara yang ia temukan sesuai dengan kasus tersebut. Sehingga, innovation dalam makna berkemajuan. Muhammadiyah adalah gerakan tajdid yang mampu menginterpretasikan nilai-nilai religiusitas ke dalam tatananan kehidupan manusia secara implementatif.

Kedua, creativity. Karakter ini dimafhum oleh semua pihak bahwa yang mampu survive dalam kondisi apapun adalah jika individu memiliki gerak kreatif. Kreativitas merupakan fast response dari segala gejala kehidupan dan melahirkan ide, mengembangkan gagasan dan mengejawantahkan dalam bentuk program. Jiwa kreatif seseorang tercermin dari bagaimana dia bisa melahirkan ide sampai implementasinya sebagai respon dari kondisi yang ia hadapi. Tak pernah kehabisan akal.

Ketiga, collaboration. Terminologi collaboration atau kerjasama merupakan bahasa yang sangat lama diakui sebagai kunci keberhasilan hidup. Manusia yang memiliki kesadaran tinggi akan kekurangan dan kelebihannya maka akan menempatkan collaboration sebagai strategi membangun kesuksesan hidup. Kolaborasi akan menghasilkan kekuatan penuh dalam melakukan akselerasi mimpi besar kehidupan. Hanya mereka yang berpikiran kerdil yang mengabaikan kolaborasi. Karena kebesaran individu sesungguhnya ditopang oleh kekuatan banyak orang di sekelilingnya.

Keempat, improvement. Karakter individu berkemajuan ini adalah bagaimana dirinya dalam berkiprah senantiasa berpikir untuk istiqomah. Istiqomah yang dimaksud adalah dengan terus meningkatkan etos kerja, meningkatkan daya produksi, dan meningkatkan kualitas produksi. Tidak ada cerita berjalan mengikuti arus saja dan terbang mengikuti angin berhembus. Namun, bergeraklah untuk menjadi ban di atas air. Semakin tinggi air permukaan, ban akan tetap di atas nya.

Kelima, valuable. Karakteristik individu yang berpikir dan bergerak berkemajuan adalah senantiasa berperilaku dan bertindak yang bernilai bagi individu lain. Hakikat kesuksesan seseorang adalah seberapa banyak ia melakukan perubahan ke arah lebih baik untuk manusia lain. Aspek kebermanfaatan yang dirasakan oleh manusia lain merupakan parameter kesuksesan individu dalam hidup.

Berkemajuan adalah citra positif menatap masa depan dengan penuh kegairahan. Innovation, creativity, collaboration, improvement, and valuable merupakan bagian terkecil kata kunci yang harus dimiliki seseorang untuk menebarkan pencerahan bagi manusia lain. Dalam tataran praktis, Muhammadiyah menyediakan ruang-ruang implemetatif untuk bertindak berkemajuan itu dalam tiga jalan wakaf dalam konsep al-maun yakni: schooling (lembaga pendidikan), healing (lembaga kesehatan), dan feeding (lembaga ekonomi). "Mari menebar energi positif untuk masa depan progresif."

Oleh: Nanan Abdul Manan, Yogyakarya, 12.01.22


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp