Sambut Ramadhan 1443 H, STKIPMKu Gelar Pengajian


Kuningan, UPMKnews --- Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H, kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan menyelenggarakan kegiatan pengajian. Bertempat di Masjid Jami Nuroh Binti Sholih Al-Mudafi'i, Rabu (30/3/2022) Pukul 09.00 Wib s/d selesai.

Kegiatan dihadiri oleh: Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kab. Kuningan, Pimpinan Amal Usaha, Pimpinan Ortom, Badan Pembina Harian STKIP, Ketua STKIP, para Wakil Ketua, Dosen dan Karyawan serta keluarga.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Nanan Abdul Manan menyampaikan bahwa pengajian ini merupakan agenda rutin STKIP yang diadakan setiap menjelang bulan suci Ramadhan.

Nanan mengajak sivitas akademika STKIP untuk meraih nilai puasa Ramadhan. Kita haru yakin suasana religius yang dibangun di lingkungan STKIP selama Ramadhan dapat meningkatkan kualitas diri seperti menjadi pribadi yang disiplin dan jujur sehingga dapat mengaktualisasikan ketakwaan, keshalihan dan budaya mutu.

Sementara Ust. Dadan Rocmatun, Lc (Anggota Majelis Tarjih PDM Kuningan) dalam tausiyahnya menyampaikan beberapa persiapan yang bisa dilakukan sebelum ramadhan agar puasa ramadhan bisa lebih baik dari Ramadhan sebelumnya, atau ada peningkatan kualitas puasa mulai dari hari pertama hingga akhir.

Diantara persiapaan tersebut adalah: Al-Isti’dad Ruhiyyah/al-Iimaniyyah (persiapan spiritual), Al-Isti’dad Jasadiyyah/al-Jismiyyah (Persiapan fisik), Al-Isti’dad Ilmiyyah/al-Fikriyah (persiapan ilmu pengetahuan) dan Al-Isti’dad Maliyyah/al-Madiyyah (persiapan materi).

Al-Isti’dad Ruhiyyah adalah seseorang yang telah melaksanakan puasa ramadhan dengan penuh kesadaran, akan selalu bedoa untuk bisa bertemu ramadhan yang akan datang, dan mengalami peningkatan peningkatan kualitas ketaqwaan pada grade yang lebih tinggi.

Al-Isti’dad Jasadiyyah, kesehatan adalah sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa, walaupun ada keringanan bagi mereka yang tidak mampu menjalankan puasa tepat pada waktunya, dalam Al-Qur’an (Q.S.: 02;184).

Al-Isti’dad Ilmiyyah. permasalahan yang berhubungan dengan puasa selalu berkembang, seiring dengan perkembangan budaya dan dan peradaban manusia dan semuanya membutuhkan pengetahuan yang mendalam, agar puasanya bisa lebih baik dan memberikan pengaruh terhadap ketakwaan.

Al-Isti’dad Maliyyah, seseorang yang ingin menjalankan puasa dengan baik dan sempurna, ia akan berusaha maksimal untuk menjalaninya sebulan penuh. Sehingga ia mengurangi kegiatan fisik dalam kegiatan kesehariannya, atau persiapan material yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari sudah disiapkan dengan baik. (hani)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp