Bangun Komitmen, STKIP Teken MoU dengan IGRA Kuningan


KUNINGAN, UPMKnewsKetua STKIP Muhammadiyah Kuningan Nanan Abdul Manan, M.Pd terus kembangkan sayapnya dalam bidang kerjasama. Baru-baru ini komitmen kerjasama STKIP Muhammadiyah Kuningan dibangun dengan Ketua Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Kuningan, Kamis (21/1/2021).

STKIP dengan IGRA ibarat ikatan keluarga yang tidak bisa dipisahkan. Yang mana kampus berperan sebagai perguruan tinggi yang mengembangkan keilmuan sekaligus pencetak tenaga pendidk dan kependidkan, sedangkan IGRA atau dalam hal ini disebut sebagai pihak sekolah merupakan lembaga pengguna produk dari perguruan tinggi sekaligus melaksanakan kebijakan pemerintah.

Oleh karenanya, perlu kiranya ikatan persaudaraan itu ditegaskan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang pendidkan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Demikian ditegaskan oleh Nanan Abdul Manan, dalam sambutan pembukaan penandatanganan MoU, beberapa hari lalu dihadapan para pengurus dan anggota IGRA Kab. Kuningan yang bertempat di kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Hadir dalam pembukaan tersebut Dr. Casnan, M.si Wakil Ketua 1 Bidang akademik, Kaprodi PG-PAUD Erik, M.Pd, dan Kabag PMB Oman Suryaman, M.Pd, serta Ketua IGRA Ibu Idah Faridah Maryam, S.Pd.I.

Kerjasama yang terjalin antara STKIP dengan IGRA Kuningan sebetulnya sudah lama terbangun, bahkan para pengurus dan anggota IGRA saat ini rata-rata alumni dari STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Nanan mengajak, setelah penandatanganan MoU ini kedua belah pihak akan saling bersinergi dan saling menguntungkan potensi yang dimiliki keduanya. Bahkan di era serba teknologi ini, Nanan sudah sangat siap jika kampusnya dipinta untuk memberikan pelatihan-pelatihan tentang media pembelajaran dengan berbasis pada digital. Karena bicara pendidikan hari ini adalah kolaborasi.

Selain penguatan tri dharma perguruan tinggi, Nanan juga mengajak IGRA untuk bersama berkolaborasi dalam penguatan segmen kewirausahaan. Beberapa unit bisnis yang sedang terus gencar digalakan oleh STKIP saat ini tidak menutup kemungkinan juga bisa dikembangkan di lingkungan sekolah atau para guru RA, ucap Ketua STKIP.

Sementara Ketua IGRA, Idah Faridah Maryam, sangat menyambut baik adanya kerjasama tersebut. Bagi organisasi IGRA yang baru berusia 18 tahun tentu akan terus terbuka dengan pihak manapun untuk berkolaborasi, apalagi potensi yang dimiliki oleh STKIP, kami yakin bisa memberikan peningkatan mutu bagi IGRA, kata Idah. (asa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp