Bentuk Karakter Mahasiswa melalui Mentoring AIK


Kuningan, UPMKNews -- Membentuk nilai karakter mahasiswa melalui nilai-nilai keislaman terus menjadi PR besar bagi Lembaga Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Salah satunya adalah melalui program Mentoring AIK. 

Hari Kamis kemarin (9/3/2023), Kegiatan Mentoring AIK dibuka langsung oleh Wakil Ketua 1, Dr. Casnan, M.si.,. Bertempat di Masjid Jami' Nuroh Binti Sholih Al-Mudafi'i kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, pada pukul 08.30-11.00 WIB. Didampingi Ketua Lembaga AIK, Ustadz Asep Usamah, jajaran AIK, mulai dari Ustadz Nurhasan, Agung Saputra, Kaprodi PAUD Erik, Kaprodi PGSD Agus Saeful Anwar, dan Kaprodi PTIK Yoyo Zakaria.

"Selama kegiatan Mentoring satu semester kedepan, harus dijadikan suatu hal penting dan serius. Tentunya dengan ini, dapat menumbuhkan kesadaran dan menambah pengetahuan di bidang keagamaan. Ada hal-hal yang harus ditanamkan kepada diri kita. Seperti learning goal, fokus pengembangan diri, belajar hal baru, memiliki mentor, harus mau keluar dari zona nyaman," tegas Casnan selaku Wakil Ketua 1.

Begitupun Ustadz Asep Husamah menyampaikan, "Mentoring AIK adalah sebagian dari banyak program yang dilaksanakan oleh Lembaga AIK untuk mahasiswa, guna tambahan nutrisi keilmuan di bidang keagamaan dengan upaya mencetak mahasiswa/i STKIP Muhammadiyah Kuningan berakhlakul karimah dan beretika serta sebagai pembeda dari Perguruan Tinggi lain,” tuturnya.

Tujuan dari kegiatan ini sebagai bagian upaya pengembangan dan pembinaan mahasiswa/i dalam pemahaman  serta dalam kehidupan bermuhammadiyah. Pelaksanaan sekali dalam sepekan pada hari Jum’at atau Sabtu selama 10 kali pertemuan dengan materi tentang Tahsinul Qur’an, Ibadah dan Kemuhammadiyahan. Dimana akan dibagi menjadi beberapa kelompok oleh bimbingan mentor dari Lembaga AIK, dipandu oleh Agung Saputra Selaku Ketua Pelaksana. Kemudian berkumpul sesuai pementor masing-masing untuk menentukan jadwal pertemuan antara peserta dan pementor. 

“Mentoring AIK ini memberi arah perubahan yang menjadi salah satu tujuan dalam membina mahasiswa/i. Selain itu, diharapkan dapat membentuk dan memperkuat Ideologi Muhammadiyah di Lingkungan STKIP Muhamamdiyah Kuningan. Kalau sudah terbentuk, maka akan terbentuk insan kampus yang berideologi Muhammadiyah. Sehingga tujuan mahasiswa datang ke kampus bukan hanya untuk kuliah dan mendapatkan Ijazah tapi semata untuk beribadah kepada Allah SWT,” ucap Agung Saputra selaku Ketua Pelaksana. (Deliya)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp