Bersama RSU KMC Luragung, Mahasiswa KKN STKIPMKu Upayakan Pengobatan Gratis


Kuningan, UPMKNews - Pada Sabtu (6/8/2022), kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) STKIP Muhammadiyah Kuningan di Desa Cimara bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum KMC Luragung menggelar kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi seluruh masyarakat Desa Cimara.

Kegiatan bakti sosial yang bertempat di Balai Desa Cimara ini juga bersamaan dengan pelaksanaan Posbindu yang rutin dilaksanakan pihak desa tiap bulannya, sehingga dengan adanya dua kegiatan ini dapat saling berkoordinasi dan bekerjasama dalam menampung lebih banyak lagi masyarakat yang ingin berobat. 

Selain sebagai salah satu bentuk implementasi program KKN, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membantu memfasilitasi masyarakat Desa Cimara untuk mendapatkan pengobatan yang layak, khususnya bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Sesuai dengan tema yang diusung untuk kegiatan ini yakni “Cintai hidup anda, karena sehat adalah harta yang paling berharga”, kegiatan ini juga bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatan tubuh demi terciptanya kualitas kehidupan yang lebih baik.

Acara pemeriksaan dan pengobatan gratis ini melibatkan seorang dokter dan delapan tenaga medis ini siap membantu masyarakat dalam mengkonsultasikan keluhan penyakit yang diderita. Meskipun kegiatan ini ditujukan untuk semua kalangan usia, namun pada pelaksanaannya pasien yang datang didominasi oleh kalangan lanjut usia. 

Kegiatan ini berlangsung dengan tertib. Setiap masyarakat Desa Cimara yang datang segera mendaftar untuk selanjutnya dipanggil satu persatu oleh panitia untuk kemudian dilakukan pemeriksaan.

Pada tahap awal, peserta kegiatan ini akan dicek tekanan darah dan ditanyakan keluhan yang dialami oleh tenaga medis. Setelah itu, peserta akan dibawa menemui dokter untuk diperiksa dan diobati. Setelah diresepkan obat, pasien akan dibawa ke meja selanjutnya untuk menerima obat dari tenaga medis lainnya. Pasien yang telah menerima obat diperbolehkan untuk pulang. 

Masyarakat menyambut antusias kegiatan ini, banyak dari mereka mengatakan bahwa di tengah-tengah kesibukan mereka yang harus bekerja, cukup sulit untuk menemukan waktu yang tepat untuk berobat. Ditambah lokasi pengobatan medis juga cukup sulit dijangkau oleh masyarakat karena terhalang oleh jarak yang cukup jauh, maka dengan adanya kegiatan pengobatan gratis ini sangat membantu masyarakat untuk berobat.  (Kel. KKN Desa Cimara)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp