Bersama System Dynamics Center (SDC), Dr. Casnan Kembali Memberikan Diklat Khusus Kepada Auditorat Utama Keuangan Negara



Jakarta –  Bekerjasama dengan Auditorat Utama Keuangan Negara II Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, System Dynamics Center (SDC) kembali memberikan pelatihan khusus tentang penerapan sistem dinamik bagi evaluator untuk mengevaluasi program yang lalu dan melihat kinerja bagian keuangan negara dimasa yang akan datang.

Dr. Casnan, M.Si yang menjadi narasumber dalam diklat beberapa hari lalu di Jakarta, pada tanggal  11 hingga 13 Maret 2020, dirinya mengupas berbagai studi kasus dengan berbagai skenario untuk mengontrol pengelolaan keuangan dalam jangka panjang.

Dihadapan peserta diklat Casnan juga menjelaskan analisis faktor penting untuk membangun model dalam sistem dinamik, berbagai metode disampaikan salah satunya dilakukan dengan menggunakan Interpretative Structural Modeling (ISM), yaitu menganalisa dan membantu mengambil keputusan terhadap pemahaman atau ide dalam situasi yang rumit dengan cara mengelompokkan dan membuat link yang tertuang dalam sebuah peta.

Selain itu Ia juga menjelaskan, skenario kebijakan hasil sistem dinamik menjadi pilihan dalam optimalisasi strategi yang optimal bagi sebuah lembaga untuk melihat perilaku terpola dan terstruktur dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut Casnan yang merupakan Dosen sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua I Bidang Akademik di STKIP Muhammadiyah Kuningan, memaparkan metode analisis dengan menggunakan Interpretative Structural Modeling (ISM) untuk menentukan faktor-faktor kunci dalam analisis keuangan dan kebutuhan suatu lembaga.

“Kelebihan ISM dapat digunakan untuk pengambilan keputusan, yang outputnya berupa pemetaan melalui kurva kuadran dan strukturisasi level-level masalah keuangan atau kebutuhan staekholder, serta dapat memprioritaskan melalui level permaslahan”, ujar Casnan.

Pada sesi akhir pelatihan Casnan memberikan arahan kepada para peserta tentang cara penggunaan aplikasi powersim untuk sistem dinamik, mulai dari cara membuat Causal Loop Diagram (CLD), cara membuat Stock Flow Diagram (SFD), yaitu mulai dari tingkat yang sederhana sampai studi kasus tertentu dengan pendekatan sistem dinamik sebagai analisis strategis bagi sistem tata kelola keuangan.

(asa*)


Bagikan berita ini | Facebook Twitter Whatsapp