Bertemu 12 Kepala TK Aisyiyah Se- Kabupaten Kuningan, STKIP Kolaborasi Ciptakan Lembaga Pendidikan Yang Kompetitif



Kuningan, UPMKnews -- STKIP Muhammadiyah Kuningan kembali malakukan silaturahmi bersama Kepala TK Aisyiyah Se- Kabupaten Kuningan, Selasa (28/7/2020).

Langsung hadir Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Nanan Abdul Manan,M.Pd, didampingi Wakil Ketua 2 Bidang Aset dan SDM Hermawan, M.Si, dan Sekretaris Pimpinan Leni Nur’aeni, M.Hum.

Pertemuan bersama Kepala TK dan Guru Aisyiyah berlangsung pukul 09.00 WIB, bertempat di Ruangan Aula TK Aisyiyah 1 Kuningan, Jl. Ahmad Yani No. 72 Kuningan, dengan dipandu langsung oleh Ibu Fenty Siregar, S.Pd.AUD (Guru TK Ayisiyah 1).

Silaturahmi tersebut juga dihadiri langsung Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kuningan Hj. Hasanah, dan Hj. Ecin salah satu tokoh dan pembina aisyiyah pun ikut hadir dalam agenda silaturahmi yang dihelat selam kurang lebih dua jam tersebut.

Pertemuan keluarga besar Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) itu juga sebagai tindaklanjut kerjasama MoU Program Studi PG-PAUD beberapa bulan lalu, tentang penguatan kerjasma bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK).

"Pucuk dicinta ulam pun tiba," kalimat itulah yang menjadi pembuka sambutan Ibu Hj. Hasanah, menurut beliau, silaturahmi Pimpinan STKIP sudah sangat dinantikan oleh Aisyiyah. "Dengan silaturahmi ini kita bisa saling bersinergi, bertukar pikiran untuk kemajuan TK Aisyiyah dan STKIP Muhammadiyah Kuningan," kata Hj. Hasanah.

Hj. Hasanah juga menyentil soal program beasiswa untuk para guru TK Aisyiyah yang akan melanjutkan kuliah program linearitas di STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Nanan Abdul Manan dalam sambutannya menjelaskan, program roadshow ke PD Aisyiyah dan TK Aisyiyah bahkan ke AUM lainnya, sudah menjadi rencananya semenjak dirinya dilantik sebagai Ketua STKIP pada september tahun lalu.

Beberapa hari yang lalu juga STKIP Muhammadiyah telah melakukan silaturahmi ke MI Muhammadiyah Segong, Kecamatan Karangkancana. Kunjungan yang sama itu pun dalam rangka saling menguatkan sesama organisasi di tataran AUM, agar bisa saling bersinergi dan maju bersama.

“Kalau lembaga kita ingin maju bersama, kita harus banyak bersilaturahmi, dengan silaturahmi, akan memudahkan segala urusan kita.” Ujar Nanan.

Dihadapan 12 Kepala Sekolah TK Aisyiyah, Nanan akan mencanagkan kerjasama ini sebagai feedback penguatan visi kampus, unggul dalam pendidikan, teknologi, dan kewirausahaan, yang tidak bisa diejawantahkan dalam bentuk teori saja, “artinya kami butuh kolaborasi untuk penguatan visi kampus kami,”

Lanjut Nanan, STKIP sangat terbuka mendapatkan masukan dan saran, agar STKIP kedepan bisa lebih baik lagi, terlebih masukan itu datang dari lembaga sesama AUM, insya Allah STKIP akan membuka Labschool TK dan SD dalam waktu dekat ini.”

Menurut Nanan,  membangun lembaga yang mampu survive di sepanjang masa adalah bagaimana membangun tatanan manajemen yang baik. Manajemen lembaga pendidikan yang baik adalah pengelolaan lembaga yang mampu merespon kebutuhan publik. 

"Sehingga, tidak mungkin lembaga pendidikan bisa bertahan jika tidak berfikir tentang kebedaan mutu pendidikan dan tanggung jawab kualitas lulusan yang bisa dilihat oleh masyarakat." (asa).


Bagikan berita ini | Facebook Twitter Whatsapp