Bukan Sekedar Bukber, HIMA PGSD STKIPM Kuningan Adakan Berbagi dan Khotmil Qur'an


Kuningan - Himpunan Mahasiswa (HIMA) PGSD STKIPM Kuningan telah melaksanakan kegiatan di Bulan Ramadhan  dengan 3 rangkaian kegiatan diantaranya: Bukber, Berbagi, dan Khotmil Qur"an (01/04/03). Kegiatan ini bukan hanya bertujuan mendekatkan diri kepada Allah tetapi juga untuk mempererat silaturahmi baik itu antar HIMA, HIMA dengan masyarakat, dan HIMA dengan Kepala Prodi PGSD. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan khotmil qur"an, yaitu setiap pengurus membaca 1 juz Al-Qur'an, sehingga Khatam dalam satu waktu.

Dilanjutkan dengan kegiatan berbagi takjil gratis yang dilaksanakan di depan Kampus  dan di Bunderan Cijoho. Sasaran takjil ini diberikan kepada yang membutuhkan seperti orang pinggiran, maupun masyarakat lain yang membuthkan. Dengan takjil sebanyak 80 buah telah terbagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sumber dana takjil ini berasal dari hasil pengumpulan uang infak Mahasiswa PGSD STKIPM Kuningan.

Sedekah di Bulan Ramadhan ini  memiliki keistimewaan yang luar biasa sebagaimana riwayat sahabat Anas bin Malik ra:

Artinya, “Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan.’” (HR At-Tirmidzi).

Oleh karena itu, para ulama menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak sedekah dan berbuat baik secara umum, terutama pada bulan Ramadhan dan khususnya 10 hari terakhir.

Artinya: “Seseorang dianjurkan untuk memperbanyak berbagi pada bulan Ramadhan, terlebih lagi pada 10 hari terakhirnya.” (Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Bandung, Syirkah Al-Maarif: tanpa tahun], halaman 183).

Rangkaian kegiatan yang terakhir yaitu Buka bersama yang berlangsung  lancar di Kedai Sambel Rintis Cijoho dengan dihadiri oleh  Agus Saeful Anwar, M.Pd, selaku Kepala Prodi PGSD STKIPM Kuningan.

Agus Saeful Anwar, M.Pd, menyampaikan beberapa prakata, “Sebagai anak organisasi jangan lupa berkumpul walaupun hanya kumpul sederhana, dan jangan ada kubu kubu diantara pengurus karena anak organisasi itu harus bekerja sama semuanya untuk memajukan program kerja dalam organisasi, “ Ucapnya.

Beliau  juga mengungkapkan kekagumannya dengan adanya kegiatan ini, terlebih lagi diadakannya taraweh berjamaah itu sangatlah keren.

Harapan dengan adanya kegiatan ini HIMA PGSD bisa menciptakan chemistry yang baik, membangun solidaritas yang tinggi, dan bisa saling bekerja sama dengan baik. Hal ini sesuai dengan slogan hima PGSD itu sendiri yaitu Aku kamu kita jadi satu.

Penulis: HIMA PGSD

Editor: Leni Juliany

 


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp