Bupati Kuningan Buka Kegiatan Webinar, 588 Peserta Antusias


Kuningan, UPMKnews --- Dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing guru, STKIP Muhammadiyah Kuningan gelar Webinar. Seminar yang bertajuk “sistem thinking untuk membangun masa depan guru unggul dan berdaya saing” pun dibuka langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.MH, pada Selasa (22/6/2021).

Orang nomor satu itu pun turut mengapresiasi kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan. Pasalnya antusias 588 peserta dari berbagai kalangan membuktikan bahwa kepedulian terhadap kemajuan pendidikan itu sangat tinggi. Terkhusus peserta yang mengikuti zoominar mayoritas para guru di kabupaten Kuningan, ucap orang nomor satu di Kuningan.

Bicara pendidikan tidak akan lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan, salah satunya berupa perkembangan teknologi dan penemuan – penemuan lainnya yg bisa di kembangkan untuk kemajuan pendidikan saat ini, ungkap Acep dalam sambutannya.

"Beberapa abad yang lalu atau abad ke- 17, manusia menemukan teknologi yang disebut revolusi industry 1.0, dan hari ini kita sudah menginjak era 4.0. Tugas kita adalah berupaya menguasai secara serius, agar dari teknologi itu bisa melahirkan daya saing baru untuk kemajuan sebuah pendidikan."

Kalau para guru sudah sukses menguasai perkembangan teknologi, dipastikan kita akan sangat optimis menyongsong revolusi industry 5.0. “Dulu saja, 5 abad yg lalu orang memiliki keinginan tinggi untuk sebuah perubahan, apalagi sekarang, ditopang oleh kecanggihan teknologi. "Siapa saja orang yg menguasai teknologi dialah pemenangnya," tutup Bupati.

Selain Bupati, hadir juga dua narasumber hebat, yakni Dr. Ir. Illah Sailah, MS, Ketua Prodi Teknik Industri Pertanian Sekolah Pascasarjana IPB University dan Rektor Universitas Binawan, Dr. Irman Firmansyah, M.Si, Head of System Dynamics Center.

Tiga narasumber lainnya, yakni Kepala Dinas Pendidikan Kuningan, Drs. H. Uca Somantri, M.Si, Ketua PGRI Kuningan H. Pipin Mansur Aripin, M.Pd, dan Dr. (cand). Nanan Abdul Manan, M.Pd, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan. Dengan dimoderatori oleh Dr. Casnan, M.Si, Wakil Ketua 1 Bid. Akademik, Kemahasiswaan dan AIK.

Sistem thinking menjadi penting bagi guru sebagai leader. Guru tidak memiliki semua bidang teknis, tapi guru harus memiliki kreativitas dalam berfikir di semua bidang. itulah sistem tingking. “Tinggal bagaimana kita menghubungkan antar variable, dan kita akan mudah menganalisis masalah dan menemukan solusinya,” kata Dr. Casnan dalam simpulannya.

“Banyak tantangan dalam pendidikan, dan bisa kita antisipasi dengan pendekatan sistem thinking. Dengan sistem thinking juga kita bisa menggali kendala psikologis yang dialami siswa, juga mengantisipasi hambatan guru dalam memberikan pembelajaran selama di sekolah,” tambah Casnan lagi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah bekerjasama, semoga focus dan perhatian kita untuk kemajuan pendidikan khususnya di Kuningan terus kita perkuat dengan cara berkolaborasi satu sama lain agar kita mudah melahirkan sebuah inovasi baru,” ucap Nanan Abdul Manan. (agus_sa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp