Cegah Penyebaran Covid-19, STKIP Muhammadiyah Kuningan Terapkan UAS Online


Kuningan, UPMKnews – Untuk menekan penyebaran virus corona (covid-19) sejumlah Perguruan Tinggi di Kabupaten Kuningan terus melakukan langkah preventif yaitu dengan melaksanakan Pembelajaran daring (online), salah satunya STKIP Muhammadiyah Kuningan semenjak pertengahan bulan Maret hingga akhir semester genap bulan ini konsisten melakasanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Termasuk pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS), STKIP Muhammadiyah Kuningan menetapkan UAS semester genap Tahun akademik 2019/2020 dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) atau online mulai hari ini Senin  tanggal 15 hingga 20 Juni 2020, dengan mempertimbangkan situasi pandemi dan upaya pencegahan Covid-19.

Bersama lembaga Sumber Daya Informasi (SDI), Bagian Akademik STKIP Muhammadiyah Kuningan memfasilitasi mahasiswa dengan teknis sistem Computer Based Test (CBT) yang di akses melalui link http://platformkuliah.upmk.ac.id melalui PC, laptop ataupun smartphone, dengan terlebih dahulu mahasiswa mengakses ke website SIAMIK untuk bisa login.

Kepala Bagian Akademik Nana Sutarna, M.Pd menyampaikan, pelaksanaan UAS online ini dikerjakan secara metode Asynchronous, yaitu pelasakaan UAS mahasiswa tidak dikerjakan dalam waktu tertentu atau tidak terjadwal per mata kuliah, tetapi dalam rentang waktu tanggal 15 s.d 20 Juni 2020. “selama dalam waktu tersebut, mahasiswa dapat menjawab soal-soal ujian.” Ungkap Nana Sutarna, Senin (15/06).

Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan UAS online  tahun ini, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Nanan Abul Manan, M.Pd menyampaikan, bahwa UAS online pada masa pandemi ini agar selalu berpedoman kepada regulasi atau protokol kesehatan yang disosialisasikan baik oleh kampus atau dari pemerintah.

Nanan juga menghimbau khususnya kepada bagian akademik, para kaprodi, dan dosen untuk senantiasa memperhatikan agar proses UAS bisa berjalan lancar, dengan menindaklanjuti assessment berikutnya sampai pada scoring. Sehingga UAS online yang dilaksanakan memiliki esensi yang sama, baik face to face (tatap muka) maupun dalam bentuk online.

Saat dipintai keterangan terpisah, Kepala SDI Sofian Fazrin Nasrullah, M.Eng mengungkapkan, bahwa dalam pelaksnaan  ujian jarak jauh ini STKIP Muhammadiyah Kuningan memiliki kekhasan tersendiri, yakni dengan sistem yang kita kembangkan merupakan murni buatan tim internal yang digunakan untuk sistem baik perkuliahan, UTS, hingga UAS. Sehingga skema apapun yang kampus tentukan, platform tersebut dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan, terang Sofhian (15/06).

Salah satu mahasiswi Prodi PGSD Nia Daniati Audia Putri (semseter IV), saat diwawancarai oleh UPMKnews ketika dirinya hendak melakukan registrasi administrasi ke bagian keuangan mengungkapkan, UAS yang dilaksanakan secara online memberikan sesuatu yang baru bagi kami, “ada kenyamanan tersendiri karena tidak harus ke kampus, walaupun di rumah yang penting  kita di suport dengan fasilitas komputer atau laptop dan akses internet yang memadai.” Ungkapnya (15/06).

(sekre/asa)

 

 

 


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp