Desa Salem Brebes Siap Jadi Desa Binaan Olahraga Futsal


Kuningan, UPMKnews – Didi Muhtarom, M.Pd bersama dua rekan dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan, yakni Oman Hadian, M.Pd dan Dani Nurdiansyah, M.Pd sukses menggelar PKM dengan tema “Integrasi Life Skills dalam Pembinaan Cabang Olahraga Futsal” di Desa Salem Kecamatan Salem, Kab. Brebes, pada Minggu hingga Senin (6-7/12/2020).

Kegiatan yang digelar selama dua hari di GOR Salemba Futsal, mendapat respon antusias dari para peserta, saat mereka mengikuti berbagai teori dan praktek yang dibimbing langsung oleh ketiga dosen tersebut.

Bahkan bagi Oman Hadiana, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bukan sekedar penggugur kewajiban saja, tapi kami akan intens melakukan pembinaan khusus kepada atlet-atlet futsal di desa Salem. Kalau memang kami masih terus dibutuhkan, maka desa Salem akan menjadi desa binaan, khusus dalam pembinaan cabang olahraga futsal, terang Oman Hadiana kepada UPMKnews (8/12)

lanjut Oman, Kegiatan PKM ini pula mengusung tema yangg berbeda dengan kegiatan PKM sebelumnya khususnya di cabang olahraga futsal. Integrasi life skills merupakan penerapan kecakapan hidup dalam program pembinaan seperti; ketekunan, belajar fokus menetapkan pada tujuan, regulasi emosi, kerjasama, kejujuran, dan respect. Indikator tersebut di harapkan dapat tumbuh dan menjadi kepribadian dalam kehidupan atlet melalui pembinaan futsal ini. 

Tak lupa dalam kegiatan PKM, kami melibatkan 2 orang mahasiswa UKM futsal dari prodi PJKR sebagai salah satu indikator dalam rangka pemenuhan standar akreditasi, jelasnya.

Sementara Dani Nurdiansyah, yang merupakan rekan duet mautnya Bang Karom sapaan akrabnya Didi Muhtarom, sebenarnya kegiatan ini merupakan coaching clinic atau bimbingan teknik dasar singkat dalam bermain futsal selama dua hari disana, kata Coach DN (Dani Nurdiansayah).

Coach DN juga menyebutkan, diantara beberapa teknik dasar futsal yang kami berikan selama disana adalah: teknik menendang bola (kick), kemudian passing, dribbling, shooting dan heading, serta strategi pergerakan selama bertanding lebih banyak disampaikan oleh coach Oman Hadiana, terang pria berkumis tipis asal Ciamis melalui pesan whatsapp.

Tak lengkap rasanya kalau mereka hanya diajarkan teknik dasar bermain futsal serta beberapa teori saya, dari penuturannya, dalam kesempatan itu juga Bang Karom selaku Ketua PKM, suntik para generasi muda atlet futsal desa Salem dengan motivasi-motivasinya.

Maklum saja beliau adalah dosen yang berasal dari Salem, hingga tidak heran pekikan kata-kata semangatnya langsung meresap pada jiwa-jiwa peserta yang ikut dalam coaching clinic tersebut, “kelak kalian harus menjadi atlet futsal handal, dan bisa membanggakan desa Salem,” pekiknya. (sekre/asa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp