Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan Edukasi Guru Buatkan Modul Pembelajaran Berbasis Digital


Kuningan, UPMKnews – Di acara Workshop In House Training (IHT) yang diselenggarakan oleh SMK Muhammadiyah 2 Kuningan, tiga dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan bekali para guru membuat modul pembelajaran berbasis digital interaktif, sebagai bahan ajar pembelajaran daring (online), Senin hingga Rabu (20-22/7/2020).

Diantara tiga dosen yang menjadi narasumber, Nana Sutarna, M.Pd (Kepala Bagian Akademik), Oman Hadiana, M.Pd (Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan), dan Sofhian Fazrin Nasrullah, S.Pd.,M.Eng (Kepala Unit Sistem Data dan Informasi).

Dihari pertama workhsop IHT, tiga dosen saling berkolaborasi memaparkan tentang pentingnya guru membuat modul atau bahan ajar berbasis digital interaktif.

Nana Sutarana, salah satu narasumber yang sudah terbukti memiliki beberapa modul dan beberapa buku, memaparkan secara gamblang kepada para guru, tentang cara penyusunan modul pembelajaran yang baik, serta menjelaskan sistematika penulisan modul itu sendiri.

“Modul berbeda dengan handout materi. Dalam modul harus ada pendahuluan berupa tujuan pembelajaran, uraian materi, dan evaluasi berupa tes, praktek atau tugas”. Terang Nana.

Diperkuat juga oleh pakar IT STKIP Muhammadiyah Kuningan, Sofhian Fazrin Nasrullah, yang juga alumni terbaik SMK Muhammadiyah 2 Kuningan tahun 2011, dihadapan para guru skaligus mentornya saat menjadi siswa di SMK Dos-Q 28, Sofhian menyampaikan kepada para guru-gurunya tentang strategi mengemas modul menjadi bahan ajar yang interaktif dengan interaktif PDF.

“Dahulu modul berbentuk cetak, kemudian dalam bentuk digital format PDF.  Meskipun PDF, hari ini atau bahkan sudah lama, PDF dapat diisi dengan objek interaktif seperti audio, video”. Kata Sofhian.

Pertemuan kedua, para peserta diajak praktek langsung menyusun modul dan RPP satu lembar, yang dipandu oleh Oman Hadiana. Tak lupa Oman juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada STKIP Muhamamdiyah Kuningan, semoga kerjasama ini bisa terus terjalin, Kata Oman.

Workshop IHT dilaksanakan di kampus SMK Muhammadiyah 2 Kuningan, dengan diawali tausiyah oleh Ketua PDM Kuningan Drs. Wahid, Tbk.,MA, dan sambutan Ketua Majelis Dikdasmen, serta sambutan pengawas pembina SMK Muhammadiyah 2 Kuningan. (asa)

 


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp