Dr. Casnan, M.Si Menjadi Narasumber Perencanaan Analisis Strategis Badan Intelijen Negara (BIN)


Kuningan - System Dinamics Ceneter (SDC) bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar kegiatan In House Training System Dinamics, Rabu hingga Jum'at (26-28/02) di Badan Intelijen Negara, Jakarta Selatan.

SDC sebagai lembaga yang concern dalam pelatihan Sistem Dinamik ini merupakan sebuah metode dan teknik pemodelan untuk membingkai, memahami dan mendikusikan masalah yang kompleks, serta mensimulasikan suatu sistem yang dinamis.

Dr. Casnan, M.Si Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan yang diundang menjadi narasumber dalam Pelatihan tersebut menjelaskan, skenario kebijakan hasil sistem dinamik menjadi pilihan dalam optimalisasi strategi yang optimal bagi sebuah lembaga untuk melihat perilaku terpola dan terstruktur dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut Casnan yang merupakan Wakil Ketua I Bidang Akademik STKIP Muhammadiyah Kuningan periode 2019-2023 juga memaparkan metode analisis dengan menggunakan Interpretative Structural Modeling (ISM) untuk menentukan faktor-faktor kunci dalam analisis kebutuhan suatu lembaga.

Kelebihan ISM dapat digunakan untuk pengambilan keputusan karena outputnya berupa pemetaan melalui kurva kuadran dan strukturisasi level-level masalah atau kebutuhan staekholder, serta dapat memprioritaskan melalui level tersebut.

Pada sesi sebelumnya Dr. Irman Firmansyah, M.Si menyampaikan materi filosofi sistem,  sistem tinking dan skenario kebijakan, kemudian Casnan memberikan arahan kepada para peserta tentang cara penggunaan aplikasi powersim untuk sistem dinamik, mulai dari cara membuat causal loop diagram (CLD), cara membuat Stock Flow Diagram (SFD), yaitu mulai dari tingkat yang sederhana sampai studi kasus tertentu dengan pendekatan sistem dinamik sebagai analisis strategis. (sekre/asa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp