ECOBRICK, Mengolah limbah plastik menjadi berguna dan menarik


Kuningan, UPMKNews – Kelompok KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan bersama ibu-ibu Dusun 1 Desa Dukuhbadag mengolah limbah plastik menjadi barang-barang yang berguna dan menarik Melalui Ecobrick atau botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological dibuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Dilaksanakan pada tanggal 29 Juli – 03 Agustus 2022.

Sampah merupakan salah satu masalah yang menjadi perbincangan utama dikalangan masyarakat. Salah satu bentuk sampah yang menjadi perhatian adalah sampah plastik. Dari sampah plastik yang menumpuk akan terjadi berbagai masalah yang dapat merusak lingkungan. Salah satu masalahnya, banjir.

Bukan solusi yang tepat bilamana sampah plastik ini ditimbun dalam tanah, sebab sampah plastik ini memerlukan waktu berpuluh-puluh tahun atau bahkah beratus-ratus tahun untuk dapat terurai oleh mikroba didalam tanah. Jika dibakar pun, sampah plastik ini akan mengakibatkan polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan makhluk hidup.

Pemanfaatan limbah plastik dengan Ecobrick ini akan sangat efektif untuk menanggulangi membludaknya sampah plastik yang ada.

“Dengan hadirnya kami disini, semoga dapat membuat masyarakat sekitar menjadi lebih peduli terhadap lingkungan khususnya terhadap limbah sampah plastik.” Ujar Mahasiswa KKN Desa Dukuhbadag. (sekre/Dennia, Kel.KKN Desa Dukuhbadag).


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp