Fakir Miskin dan Yatim Piatu di 2 Kecamatan Menjadi Target Penyaluran Zakat Fitrah oleh DKM STKIP Muhammadiyah Kuningan



Kuningan, UPMKnews -- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) STKIP Muhammadiyah Kuningan di penghujunga bulan suci Ramadhan 1441 Hiriyah, atau tahun 2020 Masehi ini menyalurkan zakat fitrah berupa sembako dan uang tunai kepada fakir miskin dan yatim piatu di dua kecamatan yang lokasinya tak jauh dari kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, yakni Kecamatan Cigugur dan Kecamatan Kuningan, pada Jum'at (22/5/2020) pagi mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB. 

Penyaluran zakat fitrah tersebut disalurkan langsung dengan cara door to door (rumah ke rumah). Asep Usamah, M.Pd.I selaku Ketua DKM Masjid Jami' Nuroh Binti Sholih Al-Mudafi'i STKIP Muhammadiyah Kuningan, dan juga sebagai Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tahun ini, dirinya merasa bersyukur dan bahagia karena bisa menyerahkan langsung zakat tersebut ke rumah-rumah para mustahik. 

"Raut muka bahagia terpancar dari para mustahik saat panitia UPZ mendatangi langsung ke rumah mereka, dan tidak sedikit dari mereka menyampaikan terimakasih atas santunan yang diberikan oleh pihak DKM STKIP Muhammadiyah Kuningan", ungkap Asep Usamah saat dipintai keterangan via seluler, Jum'at (22/5/2020) malam. 

Asep Usamah menegaskan, sembako dan uang tunai yang disalurkan kepada para mustahik berasal dari zakat fitrah serta infak dan sodaqah dari para dosen dan karyawan yang ada di STKIP Muhammadiyah Kuningan yang dilaksanakan semenjak pertengahan bulan suci Ramadhan. 

Terpisah, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Nanan Abdul Manan, M.Pd, bahwa tidak hanya bantuan sembako dan uang tunai saja, kedepan STKIP Muhammadiyah Kuningan melalui DKM dan Lembaga Zakat Infak dan Sodaqah Muhammadiyah (Lazismu) berencana membantu biaya pendidikan warga tak mampu, dan warga yang sakit dengan harapan dapat menyentuh masyarakat", katanya. 

Salah satu anak yatim yang mendapatkan sembako dan uang tunai mengaku senang mendapat santunan dari STKIP Muhammadiyah Kuningan. Anak yang tinggal di Kecamatan Cigugur dan masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) tersebut akan memanfaatkan sebaik-baiknya uang tunai yang diberikan. 

Tidak hanya di dua kecamatan, panitia UPZ STKIP Muhammadiyah juga menyalurkan sebagian sembako dan uang tunai kepada para mustahik yang ada di Perumahan Quanta 2 dan Kampung Pasir Desa Bayuning Kecamatan Kadugede, yang diserahkan langsung di Masjid Quanta 2 Bayuning oleh salah satu dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan yakni Dodi Akhmad Haerudin, M.Pd.I, pada Jum'at (22/5/2029) malam ba'da shalat tarawih.

Ketua DKM Masjid Quanta 2 Desa Bayuning Much Jamaludin, "menyampaikan ucapan terima kasih atas alokasi zakat fitrah yang diberikan oleh pihak STKIP Muhammadiyah Kuningan semoga kepedulian dan kerjasama ini terus terjalin", ungkap Jamal. (sekre/asa


Bagikan berita ini | Facebook Twitter Whatsapp