Keren, Mega Silpiani Lolos Peserta International Youth Leader tahun 2021


Kuningan, UPMKnews -- Mega Silpiani, mahasiswi semester 2 Prodi PG-PAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan lolos atau terpilih menjadi peserta International Youth Leader (IYL) Batch 16, mewakili Indonesia tahun 2021, yang diselenggarakan oleh CV International Yout Leader dan didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Kesempatan langka ini pun menjadi prestasi gemilang bagi perempuan asal Purwawinangun Kuningan tersebut, pasalnya tidak semua anak muda bisa berkesempatan tampil, apalagi di kancah internasional. “Seleksi yang diikuti pun sangat ketat. Dari sekian ribu mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia hanya beberapa saja yang berkesempatan lolos,” kata Mega Silpiani kepada UPMKnews, Sabtu (1/5/2021).

IYL sendiri merupakan platform pelatihan dan pendidikan kepemimpinan untuk pemuda Indonesia yang bergerak di bidang Student Exchange, Leadership Camp, Halal Tour and Travel. Youth Leader sendiri diofokuskan untuk melatih pemimpin muda yang berpotensi agar mandiri dan siap bersaing di kancah Internasional.

Dengan visi menggali potensi pemuda sebagai pemimpin umat yang unggul dalam prestasi, profesional dalam bekerja, berakhlakul karimah dalam perilaku, dan siap bersaing di kancah Internasional.

Selain visi, kegiatan ini memiliki misi, yakni untuk membentuk karakter kepemimpinan pada pemuda (pelajar/mahasiswa), mengenalkan ragam budaya Indonesia ke- luar negeri, membentuk cara berfikir inovatif untuk terjun di dunia kerja dan mempersiapkan keterampilan di bidang kepemimpinan dan kewirausahaan yang harus dimiliki oleh pemuda dimasa depan.

International Youth Leader Batch 16, akan dilaksanakan di Kuala Lumpur Malaysia, mulai dari tanggal 14 – 16 Agustus 2021 dengan tema “We Love Palestine.”

Untuk Kegiatannya sendiri, menurut Mega, terdiri dari University visit ke Universitas Kebangsaan Malaysia, Leadership class with keynote speaker, Inspiring talkshow. Kemudian, charity concert humanity for Palestine, Halal tour, city tour and sharing session.

Atas nama lembaga, prestasi Mega Silpiani merupakan torehan yang luarbiasa, bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lainnya. Tidak hanya mengharumkan STKIP Muhammdiyah Kuningan di kancah Internasional, tapi Kuningan sebagai kabupaten turut bangga, ada putera daerah yang bisa mengharumkan Kuningan dengan segala potensi yang dimilikinya di dunia internasional, ujar ketua STKIP Nanan Abdul Manan (1/5). (agus_sa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp