Keren, STKIPMKu Bersama Beberapa PTMA Lolos Program KMMI


Kuningan, UPMKnews --- STKIP Muhammadiyah Kuningan bersama beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah –  Aisyiyah (PTMA) menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional, sebagai pelaksana program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) tahun 2021.

STKIPMKu dan beberapa PTMA lainnya, dinyatakan lolos, setelah mengikuti dua tahapan seleksi, mulai dari tahap seleksi proposal hingga presentasi. Informasi tersebut tertuang dalam Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 2861/E.2/KM.07.00/2021, tanggal 26 Juni 2021, belum lama ini.

Disampaiakan langsung oleh Atang Sutisna, selaku Ketua Lembaga Pengembangan Kurikulum (LPK), bahwa prestasi ini merupakan hasil dari tahapan yang telah dilalui sebelumnya, mulai dari seleksi proposal, dan wawancara program. STKIPMKu sendiri merupakan satu dari 85 Perguruan tinggi di Indonesia yang menerima hibah program pelaksana program KMMI tahun 2021. Hal ini membuktikan bahwa STKIPMKu merupakan perguruan tinggi yang mampu bersaing dan memiliki kualitas di kancah nasional.

“Pada program kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) tahun 2021 ini STKIPMKu memiliki dua program kursus yang dapat diikuti oleh 160 mahasiswa diantaranya yaitu: 1) Kursus Membangun Aplikasi Web Marketplace dan Toko Online sebagai Platform Jual-Beli Online; 2)  Kursus Membuat Landing Page untuk Produk Unggulan UMKM,” kata Atang (1/7). 

“KMMI sendiri merupakan bagian dari program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) sehingga luaran program ini dapat diekuivalensikan atau dialihkreditkan pada beberapa mata kuliah sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi sejumlah 3 sks.”

Capaian prestasi ini merupakan hasil kerja kerasnya bersama tim, didalamnya ada Pusat Sumber Data Informasi (SDI), yang digawangi oleh Sofhian Fazrin Nasrullah, serta do’a dan dukungan dari pimpinan perguruan tinggi serta seluruh unsur lainnya. Tak heran, pogram KMMI ini pun akan bekerja sama dengan dunia usaha dan industri yaitu PT. Inovindo, sehingga capaian pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan nyata dunia industri.

Selain itu, program KMMI sendiri akan diimplementasikan sesuai dengan visi STKIPMKu yaitu unggul dalam pendidikan, teknologi dan kewirausahaan. Demikian pada luaran program KMMI mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan membangun web Marketplace toko online, mampu membuat Landing Page yang secara keseluruhan bagian dari pengembangan usaha secara online melalui internet sesuai dengan perkembangan teknologi industri hari ini yaitu revolusi industry 4.0.

Ketua STKIPMKu, Nanan Abdul Manan, menyampaikan rasa syukurnya atas capaian STKIPMKu dan beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah lainnya yang lolos dalam program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. “Tentu saja ini prestasi gemilang bagi STKIPMKu mendapat kesempatan menjadi perguruan tinggi yang mengelola program KMMI," ucapnya kepada UPMKnews (1/7)

Beberapa PTMA yang lolos KMMI-2021 selain STKIPMKu adalah, Universitas Muhammadiyah Ceribon, Universitas Muhammadiyah Gresik, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Muhammadiyah Makasar, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya,  Uiversitas Muhammadiyah Pringsewu, Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. (agus_sa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp