Hadapi Semester Akhir, Mahasiswa PTIK dibekali Strategi Penyelesaian Studi dan Lifeskill



Kuningan - Semester akhir merupakan semester yang menentukan bagi studi seorang mahasiswa. Ada banyak rangkaian kegiatan akademik yang harus ditempuh mahasiswa dari mulai seminar proposal tugas akhir sampai wisuda.

Tidak jarang proses panjang yang bertahap tersebut membuat mahasiswa kehilangan motivasi ketika garis finish tinggal di depan mata. Belum lagi dengan fakta bahwa di semester akhir masing-masing mahasiswa menyelesaikan kegiatan akademiknya tidak secara berkelompok, melainkan fokus ke tugas masing-masing.

Hal inilah yang melatarbelakangi diadakannya kegiatan “Pembekalan Startegi Penyelesaian Studi dan Kecakapan Hidup untuk Mahasiswa PTIK Angkatan 2016”.

Kegiatan yang merupakan inisiatif dari mahasiswa tersebut dibalut dengan suasana santai pada jam makan siang, bertempat di homebase mahasiswa angkatan 2016.

Asep Mahpudin, M.Kom. selaku kaprodi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa semester akhir harus selalu memupuk motivasi untuk menyelesaikan studi.

“ikuti tahapnya satu demi satu dan jangan pernah ada rasa malas. Jangan pernah malas ketika garis finish sudah di depan mata, tengoklah kebelakang seberapa jauh anda sudah melangkah.” ucapnya.

Kemudian, Ipan Ripai, M.Kom., selaku Kaprodi PTIK sebelumnya yang lebih sering berinteraksi dengan mahasiswa angkatan tersebut, menyampaikan bahwa mahasiswa ketika nanti sudah menjadi alumni, jangan pernah segan untuk silaturahmi ke kampus dan ke prodi. Terkadang prodi rindu akan kehadiran alumni-alumni, baik sudah sukses memperoleh pekerjaan, berbisnis ataupun belum mencapai keduanya. Selain itu, ipan menyampaikan bahwa bagi siapa saja yang berniat mencari pekerjaan atau membangun bisnis, akan selalu ada jalan untuk memperolehnya. Beda hal dengan yang memang tidak memiliki niat sama sekali.

“Kunci dari kesuksesan adalah adanya tekad dan usaha yang maksimal.”, simpulnya.

Sementara perwakilan dari pihak mahasiswa mengucapkan terima kasih sekaligus permohonan maaf karena selama proses perkuliahan 3,5 tahun dipastikan tidak lepas dari kesalahan-kesalahan, dibalik banyaknya ilmu yang diperoleh.

Kegiatan tersebut ditutup dengan sesi foto bersama dan jamuan makan siang. (SFN)


Bagikan berita ini | Facebook Twitter Whatsapp