Himpunan Mahasiswa PGSD Bakti Sosial ke SDN 3 Cijemit



Kuningan - 13 Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMA PGSD) STKIP Muhamamdiyah Kuningan hari ini melaksanakan bakti sosial (Baksos) di SD Negeri 3 Cijemit Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan (18/1/), sebagai salah satu bentuk implementasi dari catur dharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini mengusung tema “PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan sharing is caring”. kegiatan ini merupakan program kegiatan pertama dalam satu tahun kepengurusan HIMA PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Kegiatan diawali dengan laporan Ketua Panitia Ajeng Aliya Nurlatifah sekaligus Ketua HIMA PGSD periode 2019-2020, menurutnya bahwa kegiatan ini semata-mata untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan berbagi terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan sekolah dasar.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Program Studi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dede Darkam, M.Pd, dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Cijemit bertujuan untuk memberikan semangat dan sharing motivasi bagi peserta didik yang berada di daerah pedesaan, sehingga dengan berharap mahasiswa mampu mengenal dunia pendidikan yang sesungguhnya dan setidaknya mereka bisa membandingkan bagaimana teori dan praktek pada kenyataannya dilapangan.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari pihak sekolah, Andiany, S.Pd Salah satu Guru yang mewakili dari pihak sekolah mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan dari para pengurus HIMA Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan untuk mengadakan kegiatan baksos, dan kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena ternyata kegiatan baksos bisa dilakukan bukan di SD negeri favorit melainkan di SD terpencil dengan jumlah murid yang sedikit.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama satu hari itu mendaptkan respon antusias dari para siswa, terlihat ketika beberapa pengurus HIMA memberikan motivasi belajar, dan kehebohanpun terjadi pada saat siswa diajak bermain kuis dan game, kegiatan yang berlangsung hingga siang hari diikuti antusiasme para siswa dalam mengikuti rangkaian acara tersebut. Panas yang terik tidak mengurangi semangat mereka saat mengikuti kegiatan yang diberikan oleh teman-teman HIMA. Di penghujung acara, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan hadiah kepada para siswa dan cinderamata kepada pihak sekolah.

”Yang unik dari kegiatan dilakukan di SD negeri 3 Cijemit salah satunya karena jumlah muridnya  yang sedikit, sehingga ada ketertarikan khusus bagaimana sistem pengelolaan pendidikan di SD tersebut. SD ini dikatakan unik karena hanya memiliki 21 siswa dari kelas 1-6 dengan rincian kelas 1: 5, kelas 2: 1, kelas 3: 1, kelas 4: 4, kelas 5= 6, kelas 6= 4,” tegas Udin Sanudin, M.Pd selaku Dosen pembimbing yang melakukan wawancara langsung dengan beberapa guru.

Sebagai pengurus HIMA, Robi Iskandar menyampaikan sangat senang dengan kegiatan ini, selain memberikan kebermanfaatan bagi siswa, kita sebagai mahasiswa bisa mengetahui langsung tentang proses pembelajaran di SDN 3 Cijemit. Semoga dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Hima PGSD STKIP Muhammadiyah ini sedikitnya bisa memeberikan konstribusi kepada siswa, walaupun dengan kegiatan yang cukup singkat dan sederhana tetapi dapat membantu menumbuhkan semangat siswa dalam pembelajaran," tegas Robi.

Ajeng menambahkan, kegiatan yang diselenggarakan tersebut juga bagian dari ikut berpartisipasi aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kuningan, Insya Allah kegiatan baksos HIMA PGSD ini akan berkelanjutan setiap satu tahun sekali, pungkas dia. (sekre/asa)


Bagikan berita ini | Facebook Twitter Whatsapp