Humas STKIP Manfaatkan UGC Untuk Kampus Berkemajuan


Yogyakarta, User generated content atau yang biasa disebut dengan UGC adalah bentuk konten seperti foto, video, teks, ulasan, dll yang dibuat oleh seseorang seperti konsumen, pelanggan, atau bahkan followers yang disebarkan di media sosial. Pada dasarnya pengguna akan melakukan suatu hal untuk menceritakan pengalaman dan opini mereka saat mereka menggunakan produk atau jasa yang mereka sukai. 

Keberadaan User Generated Content (UGC) bisa menjadi pilihan bagi humas kampus untuk publikasi. Hal ini disampaikan oleh Fajar Junaedi, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Fajar menyampaikan hal ini dalam workshop pengembangan humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah.

"UGC menjadi peluang bagi kampus untuk meningkatkan publikasi secara massif," terang Fajar, Jumat (5/8/22). Fajar berharap agar keahlian menulis di UGC bisa ditransfer ke semua sivitas akademika kampus.

Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) selama ini dikenal memiliki kualitas baik di bawah naungan majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Salah satu PTMA yang sudah menggunakan UGC yakni STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Cucu Adhikomara yang merupakan delegasi dari STKIP Muhammadiyah Kuningan pada pelatihan ini menuturkan salah satu hal yang akan diterapkan setelah pelatihan ini adalah penggunaan User Generated Content atau UGC pada setiap publikasi berita selain berita di lokal kampus.

(Admin SDI)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp