Imam Agung Fauzi Berikan Amanat Literasi di SMKN 2 Kuningan


Ada hal yang tidak biasa di Upacara Bendera SMK Negeri 2 Kuningn, Senin (10/2), biasanya yang menjadi pembina upacara adalah Dewan Guru atau Kepala sekolah, tapi tidak untuk kali ini, yang menjadi pembina Upacara adalah Ketua Paguyuban Duta Baca Kuningan yang di Undang langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Kuningan melaui surat resmi kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kuningan untuk menyampaikan mengenai Gerakan Literasi dalam amanat pembina upacaranya.

Dalam amanatnya Imam Muh. Agung Fauzy atau akrab disapa kang ii, selaku Ketua Paguyuban Duta Baca Kab. Kuningan menyampaikan mengenai Literasi abad 21,yang terdiri atas 6 Dasar Literasi yang haru di pahami "Literasi saat ini bukan hanya sekedar Baca atau menulis, tetapi literasi saat ini adalah proses pemahaman dan pengaplikasian dari apa yang kita baca, dari apa yang kita dengar, dari apa yang kita lihat dan rasakan", tuturnya.

"Dan literasi abad 21 ini mencakup kepada 6 Literasi Dasar, yaitu Literasi Baca Tulis, Literasi Digital, Literasi Numerasi, Literasi finansial, Literasi Sains, dan Literasi Kewargaan & Kebudayaan." Sambungnya.

Peserta sangat antusias dan khidmat mengikuti jalannya upacara dan Selepas upacara dilanjutkan dengan sesi sosialisasi program penggemaran Budaya baca, oleh Fungsional Pustakawan Kab. Kuningan H. Usmadi S. Ikom.

Beliau menyampaikan tentang Program Kuningan BERCAHAYA (Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat) Juga mengajak kepada para Siswa untuk dapat mengunjungi Perpustakaan Umum daerah Kab. Kuningan serta memanfaatkan fasilitas yang disediakan.

Pihak sekolah melalui Wakasek Kesiswaan Anang Sutisna, M. Pd, yang didampingi Wakasek Manajemen Mutu Drs. Kamiludin, MM, beliau menyampaikan "Intinya kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas kesediaanya menjadi Pembina Upacara, sehingga kami dapat pencerahan lah istilahnya dalam bidang literasi, terutama program apa saja yang harus kami lakukan dalam pembudayaan gemar membaca di kalangan siswa dan Guru SMKN 2 Kuningan", tuturnya.

Beliau juga melanjutkan kedepannya akan melakukan MoU dan kerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kuningan dalam hal Silang Layan bahan bacaan juga layanan mobil perpustakaan keliling.

Selain sebagai Ketua Paguyuban Duta Baca Kuningan, Imam Agung Fauzi juga sebagai mahasiswa Tingkat akhir Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PNSD) di STKIP Muhammadiyah Kuningan, yang merupakan mahasiswa berprestasi terbukti dengan mendapatkan beasiswa bidikmisi, menjadi juara 2 Duta Perpustakaan Jawa Barat, serta menjadi Juara 1 Putra Duta GenRe Jawa Barat yang mewakili Jawa Barat ke Tingkat Nasional Desember lalu. (sekre/asa) 


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp