Isi Waktu Luang dengan Gemar Menulis


Kuningan, UPMKnews -- Spread goodness, dua kata itu yang menjadi motto hidup Delia Anggraeni dalam meniti masa depannya yang lebih cerah. Selalu ingin berbagi dan menebar kebaikan untuk siapa saja, menjadi challenge bagi gadis kelahiran Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya.

Saat ditanya cita-cita pun, mahasiswi semester 3 dengan hobi membaca itu lebih memilih ingin jadi pengusaha muda yang sukses. Walaupun saat ini tengah sibuk menjadi mahasiwa jurusan PGSD, tapi ia sangat optimis disamping nanti akan lulus menjadi sarjana guru SD, tapi bagi Delia Menjadi pengusaha itu adalah keharusannya.

Apalagi melihat situasi sekarang, banyak orang yang terkena imbas dari wabah virus corona atau covid-19, diantaranya tingkat pengangguran, dan menurunnya ekonomi masyarakat.

Dampak covid-19 bagi dunia pendidikan saat ini, gak usah juga kita reaktif berlebihan apalagi ‘horor’, semua kejadian atau musibah sudah ada resiko dan solusinya. Tugas kita terus berupaya berfikir dan bersikap bijaksana.

Cara atau sikap bijak yang kita hadapi sebagai seorang mahasiswa, tentunya memanfaatkan waktu luang kita dengan terus memanfaatkan waktu luang selama masa pandemic.

Dampak dari corona, kita mahasiswa dituntut untuk melakukan pembelajaran secara daring atau online, demi menghindari kerumunan. Proses pembelajaran ini dirasa memang cukup membosankan bagi sebagian besar mahasiswa.

Mereka pikir bahwa tidak ada kegiatan lain selain belajar daring. Padahal ada yang bisa teman-teman mahasiswa lakukan pada masa pandemi, diantara aktifitas produktif seperti membaca, berolahraga dan mengikuti acara webinar.

Teman-teman juga bisa mengisi waktu luang dengan melatih kemampuan menulis. Bagi kalian yang memiliki hobi menulis, ini saatnya kalian mengembangkan hobi itu.

Jangan salah, dari sekedar hobi kita bisa menghasilkan uang. “If you have passion in your work you will be happy”, ya saat kamu bekerja dengan gairah dan semangat kamu akan bahagia. Hobi adalah contohnya. Saat kita melakukan hobi yang kita sukai kita pasti akan senang bukan?

Hobi juga bisa menghasilkan uang, caranya dengan: (1) menambah kecintaan pada hobi tersebut, sehingga akan adanya rasa semangat untuk mengembangkan hobi; (2) menggali lebih dalam hobi yang dimiliki dengan selalu meluangkan waktu, karena biasanya hobi dilakukan diwaktu luang.

Selanjutnya, yang ke- (3) belajar mendalami hobi, tidak hanya belajar sendiri namun juga belajar kepada orang lain, belajar pada yang sudah ahli atau masuk pada suatu komunitas. Nah disana kalian akan menemukan banyak teman untuk belajar juga memiliki banyak koneksi. Koneksi ini dirasa sangat penting untuk mendapatkan peluang hobi menjadi uang.

“Yuuk kita perbanyak baca buku, dan kita mulai menuliskan ide kita,” pungkas Delia. [red]


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp