Jangan Bilang Tidak Bisa Sebelum Kita Mencobanya


Kuningan, UPMKnews -- Bahwa tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha, segala sesuatu kalau menurut orang lain gak bisa, tapi kalau kita mau berusaha pasti akan tercapai juga. Jangan bilang tidak bisa sebelum kita mencobanya, ungkapan itu menjadi motivasi khusus bagi Hani mahasiswi Prodi Matematika semester 5 STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Semangatnya menjadi mahasiswa, sudah dibuktikan oleh Hani, pada tahun 2018 hingga 2019 Hani pernah menjuarai lomba Liga Media Pembelajaran Matematika tingkat Jawa Barat, yaitu meraih juara 3. Dan sekarang ia sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti kembali Liga Mahasiswa tingkat Jabar di akhir tahun ini.

Selain berprestasi, Hani juga aktif mengikuti berbagai organisasi, diantaranya: Islamic Study Club (ISC), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMDIKMAT), Pimpinan Komisariat IMM STKIP Muhammadiyah Kuningan, dan Democracy Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Kab. Kuningan.

Hani yang saat ini sedang sibuk membantu kepanitiaan Masta (Masa Ta’aruf) menyambut mahasiswa baru tahun 2020/2021. Saat ditanya pesan apa untuk mahasiswa baru? Dirinya pun langsung merespon keinginan untuk berbagi pesan kepada mahasiswa baru yang akan gabung kuliah di STKIP Muhammadiyah Kuningan tahun ini, diantaranya :

1) Mahasiswa baru harus mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, akrab dengan teknologi atau IT itu sangat urgent di era covid-19 ini, semua sistem pembelajaran hampir 100% menggunakan sistem daring (online).

Adapun media yang akan memudahkan pembelajaran kalian dengan dosen pengampu. Diantaranya: aplikasi zoom meeting, classroom, telegram, google meet dan banyak lagi aplikasi lainnya yang bisa dipelajari dan digunakan.

2) Mengembangkan skill communication, selain harus melek IT, kalian juga harus dituntut memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, baik komunikasi dengan teman sebaya, atau dengan kakak tingkat kalian. “Jangan sungkan untuk bertanya atau sharing tentang sistem perkuliahan yang akan dihadapi, atau bertanya pengalaman kepada kakak tingkat, karena itu akan memberikan motivasi atau gambaran dalam proses menjadi mahasiswa di STKIP,” tutur Hani.

3) Membangun Team work, bagi kalian yang baru masuk kuliah di STKIP, disarankan untuk semangat mencari teman baru sebagai wadah kalian bertukar pikiran. Salah satunya kalian bisa bergabung dan aktif dalam berbagai organisasi, baik eksta maupun intra kampus. “Itu penting lho, supaya bisa mengembangkan soft skill kalian.”

Gadis cantik yang memiliki hobi baca buku, bernyanyi juga bercocok tanam itu berpesan juga agar selalu mentaati protokol kesehatan, dengan cara jaga jarak (social distancing), menggunakan masker, dan hand sanitizer. Pungkasnya (3/9/2020) [red]


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp