Jangan Menunggu Jadi Sarjana Baru Mencari Pekerjaan


Kuningan, UPMKnews - - - "Mahasiswa harus mengawal karirnya dari sejak sekarang, jangan menunggu jadi sarjana baru sibuk mencari pekerjaan," ungkapan itu disampaikan oleh dosen pembimbing akademik (DPA) Agus Saeful Anwar kepada mahasiswanya dalam acara silaturahmi dan bimbingan akademik, Kamis (30/12/2021).

Pertemuan rutin yang dilakukan oleh DPA kepada mahasiswa baik secara individu atau kelompok memang perlu terus ditingkatkan agara para mahasiswa semakin percaya diri meraih kesempatan berkarir sesuai dengan cita-cita dan harapan yang diinginkan. Karena ada pendampingan khsusu dari dosen pembimbingnya. 

"stigma yang dibangun dalam mindset mahasiswa adalah, jangan menunggu lulus dan menjadi sarjana, baru mereka sibuk mencari pekerjaan. Tapi bagaimana mahasiswa sejak awal sudah ditanamkan semangat mencari atau menciptakan pekerjaan. Yang kita khawatirkan jangan sampai setelah lulus mereka menganggur atau tidak diserap di dunia kerja, lalu mereka minder," ucap Agus lagi. 

"setidak-tidaknya mahasiswa disibukan dengan berbagai kegiatan diluar mata kuliah, seperti aktif di berbagai organisasi, belajar berwirausaha, dan mengasah skill yang dimiliki. Sehingga saat mereka lulus jiwanya sudah siap terjun menghadapi dunia nyata atau tantangan zaman."

"Menjadi mahasiswa itu berarti anda berada di fase idealis, tapi kalau sudah lulus mereka berada di fase action, atau fase dimana mereka siap bekerja, siap diperhitungkan orang, lembaga atau perusahaan , atau sering disebut fase mencari uang atau salary," pungkas Agus

Bimbingan akademik dan karir dihadiri oleh 22 mahasiswa/i PGSD semester 5, di ruang A204 gedung A lantai 2, kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan. (sekre

 


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp