Bangun Sinergi Lembaga Pendidikan Tinggi Dalam Bidang Pendidikan dan Olahraga, STKIP Muhammadiyah Kuningan Gelar Virtual Meeting


Kuningan, UPMKnews -- Di tengah pandemic Covid-19 yang sedang melanda Indonesia, STKIP Muhammadiyah Kuningan sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi terus berupaya membangun sinergitas peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten kuningan. Bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan, STKIP Muhamamdiyah Kuningan menggelar virtual meeting melalui aplikasi Zoom, Selasa (12/5/2020) kemarin.

Virtual meeting kali ini mengusung tema Sinergitas Lembaga Pendidikan Tinggi Dalam Bidang Pendidikan dan Olahraga Menuju Kabupaten Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul), dengan menghadirkan narasumber Drs. H. Uca Somantri, M.Si (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan), Dr. H. Toto Toharudin, M.Pd (Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kab. Kuningan).

Dipandu langsung oleh moderator Nanang Mulyana, M.Pd yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Muhammadiyah Kuningan, acara dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut dihadiri langsung oleh civitas akademika STKIP Muhammadiyah Kuningan dan beberapa stakeholder.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Nanan Abdul Manan, M.Pd dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, bahwa tumbuh kembangnya sebuah lembaga pendidikan tinggi tentu sangat ditopang atas dasar hubungan kerjasama dengan stakeholder terkait, dalam hal ini yaitu dinas pendidikan dan kebudayaan serta dinas pemuda, olahraga, dan pariwisata yang merupakan mitra yang strategis untuk melakukan sinergitas dan kolaborasi, mengingat STKIP muhammadiyah kuningan memiliki dua basis yaitu pendidikan dan keolahragaan.

Nanan juga menegaskan bahwa STKIP Muhammadiyah Kuningan merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Kab. Kuningan yang semua program studinya terakreditasi B, “ini modal utama bagi STKIP Muhammadiyah kuningan dalam membangun kemitraan dan public trust bagi pengguna lulusan nanti", tegas Nanan.

Toto Toharudin selaku Kadisporapar menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada STKIP Muhammadiyah Kuningan yang sudah membangun sinergitas bersama Disporapar untuk berkolaborasi. Dirinya berharap bahwa STKIP Muhammadiyah Kuningan melalui program studi Olahraga mampu mendorong para siswa di masing-masing sekolah untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap olahraga, sehingga kedepan mampu melahirkan one school one product atau satu sekolah mampu memproduksi atlit-atlit unggulan, ungkap Dr. Toto.

Lanjut Toto Toharudin, “dengan turut serta mndorong para siswa mencintai olahraga, maka pemuda Kab. Kuningan akan memiliki jiwa yang sehat dan berkualitas, sehingga dengan begitu program tersebut akan mendorong konsep indeks pembangunan pemuda di Jawa Barat menjadi meningkat, pungkas Toto.

Pada sesi berikutnya kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Uca Somantri, juga mengucapkan selamat kepada STKIP Muhamamdiyah Kuningan yang mana semua program studi sudah terakreditasi B, sehingga memudahkan Disdikbud untuk terus bersinergi khususunya dalam penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan tenaga pendukung di lapangan.

"Dunia pendidikan tidak bisa diselenggarakan oleh satu lembaga saja, maka penting dilakukan bahu-membahu antara pemerintah, swasta, dan masyarakat sebagai tanggung jawab bersama dalam meningkatkan pendidikan". Kata Uca Somantri.

Kadisdikbud Berharap dengan terjalinnya kerjasam antara Disdikbud dan STKIP Muhammadiyah Kuningan mampu menciptakan formulasi baru dalam upaya memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada di daerah secara bertahap bisa diselesaikan.

Selain dari itu Uca Somantri mencanangkan bahwa setiap sekolah harus menciptakan pusat keunggulan olahraga, sebagai wadah pembinaan olahraga secara berkelanjutan baik dari mulai tingkat dasar (SD) sampai dengan tingkat atas (SMA), sehingga sekolah mampu melahirkan olahragawan-olahragawan berprestasi baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional, pungkasnya. (sekre/asa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp