Bakti Sosial: Satu Langkah Kecil Prodi PJKR dengan Kepedulian Besar


Kuningan - Senin, 27 Januari 2020 Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan bersama mahasiswa akan melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) ke Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Bakti sosial kali ini dalam rangka mengajak kesadaran masyarakat berolahraga bareng, serta pembagian sembako langsung kepada masyarakat.

Kegiatan bakti sosial yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) kali ini mengusung tema “Langkah Kecil Membangun Negeri Wujud Cinta Tanah Air”. Tema tersebut disesuaikan dengan tujuan dari rencana diadakannya kegiatan tersebut, yaitu menggali potensi Desa supaya kehidupan di Desa Sangiang bisa lebih mandiri dan dapat memanfaatkan serta mengembangkan potensi Desa khususunya kesadaran masyarakat dalam bergotongroyong dan kesadaran berolahraga untuk kehidupan yang lebih baik.

Kegiatan Baksos ini juga merupakan implementasi dari catur dharma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan baksos yang diparakarsai oleh salah satu Dosen Akademik bersama mahasiswa, dalam rangka pengembangan diri dan membekali aktivitas non akademik bagi mahasiswa, sehingga memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat.

 “Acara ini akan diikuti oleh 30 orang mahasiswa dari Prodi PJKR semster 1 (satu) kelas A, dengan agenda kegiatan mengajak masyarakat untuk berolahraga bareng kemudian dilanjut dengan pembagian sembako.” Kata salah satu mahasiswa Riyan, Kamis (23/1/2020).

Selaku Dosen Pembimbing Akademik (DPA), Iif Firmana, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program DPA bersama mahasiswa PJKR semester 1 A yang diselenggarakan setiap satu bulan sekali. Untuk bulan Januari akan dilaksanakan di Desa Sangiang, kemudian bulan berikutnya di Desa Beber, Kec. Beber, Kab. Cirebon, dan untuk bulan Maret rencanya di Desa Cirahayu Kec. Luragung, Kab. Kuningan, Kemudian Bulan April di Kota Banjar, dengan sasaran membantu kesadaran masyarakat dalam berolahraga dan memupuk kepedulian sosial salah satunya gotong royong. “Kegiatan ini juga berkat kerjasama dengan beberapa perusahaan di Kab. Kuningan diantaranya : PW Tour & Travel, TK H. Kosim, Toserba Fajar, Perusahaan Pasir AJM Cidahu, Salon Mahkota Cihideung, Wine Petsshop, Gelorasports, Otaku Cafe, dan Salma Boutique & Cafe .” Tambah Iif Firmana, Kamis (23/1/2020).

Dadang Cunandar, M.Pd selaku Ketua LPPM STKIP Muhammadiyah Kuningan saat dikonfirmasi, Kamis, (23/1) menyampaikan dirinya sangat mendukung kegiatan bakti sosial sebagai wujud kepedulian dan jiwa sosial dalam kehidupan bermasyarakat. (sekre/asa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp