Dr. Casnan, M.Si Beri Pelatihan Spasial Dinamik di IPB University


Kuningan - System Dynamics Center (SDC) sebagai lembaga pusat studi penelitian dan pengembangan sistem dinamik di Indonesia. Rutin melakukan riset-riset dan pelatihan di beberapa Universitas yang telah bekerjasama (MoU).

Pada pelatihan yang diadakan periode Februari kali ini dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor (IPB) University (Minggu, 16/02/2020), hadir sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut Dr. Casnan, M.Si, yang merupakan Dosen sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua I Bidang Akademik STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Peserta diikuti dari berbagai wilayah, bahkan terjauh dari Papua dan Kupang, Berbagai kasus dikupas untuk dapat dikembangkan oleh peserta termasuk keterbatasan sumberdaya dimasa yang akan datang. Peserta sangat tertarik untuk terus mengembangkan sesuai kebutuhan kajian di bidangnya masing-masing.

Casnan, dalam pemaparannya menyampaikan, metode analisis menggunakan Interpretative Structural Modeling (ISM) digunakan untuk menentukan faktor-faktor kunci dalam analisis kebutuhan.

Kelebihan ISM dapat digunakan untuk pengambilan keputusan karena outputnya berupa pemetaan melalui kurva kuadran dan strukturisasi level-level masalah atau kebutuhan staekholder, serta dapat memprioritaskan melalui level tersebut.

Selain materi ISM Casnan juga menyampaikan penggunaan aplikasi powersim untuk sistem dinamik, mulai dari cara membuat causal loop diagram (CLD), Cara membuat Stock Flow Diagram (SFD) mulai dari yang sederhana sampai studi kasus tertentu dengan pendekatan sistem dinamik.

Dalam pemodelan sistem dinamik, bisa juga menggabungkan beberapa metode analisis salah satu contohnya adalah ISM. Akan tetapi metode analisis lain pun selain ISM bisa digunakan untuk mendukung pemodelan sistem dinamik, jelas Casnan (16/2).

(sekre/asa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp