Kemenpora Resmikan Alat Fitness Outdoor di Halaman STKIP Muhammadiyah Kuningan



Kuningan — Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia melalui Asisten Deputi Pembudayaan Olahraga, Meresmikan Alat Olahraga Ruang Publik Fitness Outdoor, hari ini Selasa (11/2/2020) pagi, di halaman Gedung A dan B kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan. Peresmian ini dilakukan oleh Asisten Deputi Pembudayaan Olahraga, Drs. H. Edi Nurinda Susila, M.Si, bersama Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H., M.H, serta Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan dengan menandatangani prasasti alat fitness outdoor.

Turut hadir dalam peresmian alat olahraga fitness outdoor Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, Drs. Suhada, MM, Pipiminan Daerah Muhammadiyah Kuningan (PDM), Drs. Wahid, Tbk., MA, Badan Pembina Harian STKIP Muhammadiyah Kuningan, Drs. Empi Adrapi, M.IP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan, Bayu Rusman, M.Pd, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Kuningan, Asep Ismanto, M.Pd, Polres Kuningan Ipda Sutarja Fahrudin, M.Pd, turut hadir juga Camat Kuningan, Camat Cigugur, serta Kepala Keluarahan Kuningan.

Peresmian alat-alat olahraga ini juga ditandai dengan pengguntingan pita oleh Asisten Deputi Pembudayaan Olahraga dan Bupati Kuningan, didampingi Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan beserta para tamu undangan lainnya. Setelah itu, H. Edi Nurinda dan Bupati serta sejumlah tamu undangan yang hadir pun mencoba alat olahraga fitness outdoor tersebut.

Dalam sambutannya Nanana Abdul Manan, M.Pd. memaparkan bahwa “STKIP Muhammadiyah Kuningan dalam usianya sembilan plus kali ini, senantiasa berupaya memberi konstribusi untuk Kuningan dan sekitarnya. Bukan yang pertama Kemenpora menjadi partner STKIP dalam support dibidang olahraga, terbukti di tahun 2010, 2011 Kemenpora sudah membantu beberapa fasilitas olahraga lainnya”.

“Semoga acara peresmian ini menjadi salah satu penopang bahwa STKIP Muhammadiyah Kuningan ingin menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di bidang pendidikan, teknologi, dan kewirausahaan. Penopang untuk mencapai impian tersebut tidak terlepas dari perencanaan bagaimana terbangunnya beberapa pusat keunggulan (center of excelence), yang harus di fasilitasi agar enam Program Studi yang dimiliki STKIP mampu mengembangan skill dan kompetensi yang berbeda-beda, ujar Nanan.

Di sambutan berikutnya Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H., M.H, sangat mengapresiasi hadirnya sarana olahraga di STKIP Muhammadiyah Kuningan, “ini merupakan sebuah tekad, semangat, dan perjuangan STKIP dalam merintis pembangunan, yaitu terciptanya area fitness outdor. Keberadaan sarana ini sangat dibutuhkan terutama untuk civitas akademika, dan lebih luasnya untuk fasilitas masyarakat Kuningan pada umumnya”.

Beliau juga menyaipaikan rasa bangga dan salut kepada Bapak H. Edi Nurinda sebagai pituin orang Kuningan sudah berkonstribusi banyak untuk daerah asalnya, khususunya dalam mensuport kemajuan bidang olahraga.

Bahkan Acep Purnama menyebutkan “di STKIP Muhammadiyah Kuningan sudah ada instruktur nasional dibidang olahraga atletik yaitu Bp. Nanang Mulyana, yang sudah menorehkan beberapa prestasi dan medali untuk Kab. Kuningan. Sehingga tidak hawatir ada mahasiswa atau masyarakat yang salah dalam penggunaan alat fitness ini”, pungkas Acep.

Menurut H. Edi Nurinda Susila, M.Si selaku Asisten Deputi Pembudayaan Olahraga, “penyediaan alat olahraga ruang publik fitness outdoor ini dalam rangka upaya untuk meningkatkan nilai tambah kebugaran bagi masyarakat Kab. Kuningan, dan khususnya civitas akademika STKIP Muhammadiyah Kuningan, yang secara kebetulan memiliki program studi olahraga dan juga terdapat beberapa dosen olahraga yang aktif menjadi pengurus KONI, tegas Edi.

Dirinya berpesan kepada para mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan selain terus meningkatkan prestasi akademik juga, pemanfaatan alat fitness ini bisa menjadi fasilitias khusus untuk menjaga kebugaran dan daya tubuh kita. Sehingga mahasiswa bisa bersaing berkompetisi menghasilkan suatu prestasi  yang dibanggakan  bagi Kab. Kuningan dimasa yang akan datang, sehingga pemanfaat alat fitness ini harus optimal.

“Saya tidak ingin melihat ada data tingkat kebugaran mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan rendah, sehingga menurnya kualitas akademik dalam proses pembelajaran”, tambah Edi.

Drs. Suhada, MM dalam sambutannya lebih menyoroti tag line STKIP Muhammadiyah Kuningan “unggul dalam pendidikan, teknologi, dan kewirausahaan” ini merupakan tiga keyword yang mutlak hari ini dibutuhkan oleh kita bangsa indonesia, sampai-sampai pendidikan tinggi sekarang harus berorientasi pada teknologi dan enterpreneur, wajib hukumnya manusia yang hidup di abad ini harus melek teknologi, setelah melek ilmu pengetahuan.

“hadirnya fasilitas fitness outdoor di halaman kampus ini merupakan upaya improvment STKIP Muhammadiyah Kuningan dalam mendongkrak prestasi dan popularitas,” pungkas Suhada. (sekre/asa)

 

 

 


Bagikan berita ini | Facebook Twitter Whatsapp