Kerja Bareng P2WKSS, STKIP Muhammadiyah Kuningan Berikan Edukasi Pengelolaan Sampah


Kuningan, UPMKnews -- Di hadapan masyarakat Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Nanan Abdul Manan, M.Pd memberikan edukasi tentang pengolahan bank sampah, pada Rabu (8/7/2020) belum lama ini.

Kegiatan yang dilakukan merupakan kerja bareng STKIP Muhammadiyah Kuningan dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKB3A) Kuningan.

Melalui program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera (P2WKSS) yang gencar dilakukan ke tiap-tiap desa, kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan mendapatkan kepercayaan penuh untuk memberikan sosialisasi pengelolaan bank sampah yang diawali di Desa Cipancur.

Cipancur yang menjadi salah satu desa binaannya program P2WKSS, merespon baik saat para peserta yang hadir mendapatkan sosialisasi langsung dari pihak STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Sebelum dipaparkan teknik pengelolaan sampah oleh STKIP Muhammdiyah Kuningan, terlebih dahulu dijelaskan materi penguatan peran perempuan dalam menjaga pola hidup sehat dan sejahteran oleh P2WKSS.

STKIP Muhammadiyah Kuningan sangat responsif, saat kampusnya mendapat kepercayaan untuk berkolaborasi melalui program P2WKSS, khususnya program pengentasan sampah.

STKIP Muhammadiyah Kuningan sendiri sedang gencar menjalankan program pengelolaan bank sampah, baik di kampusnya sendiri atau sosialisasi ke beberapa desa semenjak akhir 2019 hingga saat ini.

Dijelaskan oleh Nanan, teknik pemilihan sampah secara bijak dari mulai jenis sampah organik sampai dengan anorganik dikumpulkan secara khusus disalah satu tempat, dan nantinya tim pengelola bank sampah dari STKIP Muhammadiyah Kuningan siap mengangkut sampah ke lokasi.

Peserta didominasi oleh ibu-ibu, dan tidak lebih dari 15 peserta, dengan alasan protokol kesehatan atau covid-19. (asa)

 


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp