Kesekian Kalinya STKIP Desain Roadmap Penelitian Lembaga


Kuningan, UPMKnews --- Untuk kesekian kalinya lembaga STKIP Muhammadiyah Kuningan, melalui Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melakukan Workshop Mendesain Roadmap Penelitian. Setelah tahun sebelumnya juga STKIP pernah mendatangkan narasumber berkaliber internasional, yakni Prof. Handoyo.

Untuk urusan penelitian, STKIP memang tidak sedang main-main, terbukti torehan prestasi baik dari pengelolaan jurnal hingga terakreditasi, sampai dengan prestasi dosen dalam melakukan berbagai skema penelitian. 

Bahkan pada pekan lalu Ketua LPPM, Nana Sutarna memposting Dosen Top 10 Sinta Score selama tiga tahun terakhir, diantaranya: 1) Dr. Uba Umbara, M.M., M.Pd. (Score: 308,5), 2) Nana Sutarna, M.Pd. (Score: 190,5), 3) Oman Hadiana, M.Pd. (Score: 150,5), 4) Ricki Yuliardi, M.Pd. (Score: 148,5), 5) Nika Cahyati, M.Pd. (Score: 115,5), 6) Sartono, M.Or. (Score: 115), 7) Dr. Casnan, M.Si. (Score: 114,5), 8) Dedi Iskandar, M.Pd. (Score: 104,5), 9) Evan Farhan Wahyu Puadi, M.Pd. (Score: 86), 10) Eva Gustiana, M.Psi, Psikolog (Score: 84,5).

Workshop pada Selasa (6/4/2021) belum lama ini, dilaksanakan di Gedung Rektorat Lantai 3, dengan peserta adalah dosen STKIP yang diutus oleh masing-masing Prodi sebagai pengelola Jurnal.

Selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah LPM kali ini mendatangkan narasumber dari kampus tetangga (UNIKU) yakni Dr. Fahrus Zaman Fadhly, M.Pd, ia merupakan dosen sekaligus Editor in-Chief Indonesia EFL Journal dan Managing Editor ERJEE.

Nana Sutarna, M.Pd selaku Ketua LPM menyampaikan, kalau kegiatan tersebut sebagai langkah meningkatkan kualitas mutu riset dan memaksimalisasi peran dosen dalam melaksanakan catur dharma perguruan tinggi, khusunya bidang penelitian.

Nana juga menuturkan, workshop kemarin sebagai penguatan mutu jurnal yang sudah terakreditasi, untuk menuju re-akreditasi. “Gambaran jurnal di STKIP hingga saat ini memiliki 9 jurnal,” tuturnya.

Diantara jurnal yang sudah terindeks Sinta 3 adalah Jurnal Juara yang dikelola oleh Prodi PJKR, kemudian Jurnal Pelita PAUD dan Jurnal Jumlahku Prodi PMTK, keduanya sudah terindeks Sinta 4, dan 6 Jurnal lainnya masih on proses menuju terakreditasi.

“Hasil dari kegiatan akan ditindaklanjuti dengan penyusunan visi-misi grup riset di masing-masing program studi berdasarkan pemetaan potensi keilmuan dosennya,” ucapnya.

Dikatakan oleh Fahrus, hal itu sangat penting agar riset-riset yang dilakukan berjalan secara continue sesuai dengan disiplin keilmuan dan kepakaran dosen.

“Riset dosen, harus searah dengan visi STKIP Muhammadiyah sehingga perlu dipersiapkan peta jalan riset yang tepat dan memberikan kejelasan targetnya,” katanya.

Fahrus berharap, melalui workshop desain roadmap penelitian dapat memberikan nutrisi bagi peserta yang telah mengikuti. Dan diaplikasikan pada di lembaga-lembaganya. (sekre)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp