Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar menjadi Bahasan Utama di Seminar Nasional PGSD


Guru merupakan elemen utama dalam pendidikan yang berkuallitas. Sehingga, pendidikan kepada  calon guru harus dioptimalkan. Hal ini yang dilakukan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Muhammadiyah Kuningan, melalui seminar nasional (24/05).

Seminar nasional bertajuk “Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar di Era MEA” diisi oleh Dr. Fahrurrozi, M.Pd (Ketua 1 Himpunan Dosen PGSD Indonesia), Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Kuningan) dan guru berprestasi kab.Kuningan, Supi, M.Pd. Melihat pemateri, seminar ini memang ditujukan untuk memberi stimulus lebih kepada para peserta, yang mayoritas mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar (PGSD).

Dudung Abdu Salam, M.Pd., selaku ketua prodi PGSD, dalam kesempatan ini, dan kepada kepala dinas pendidikan kab.Kuningan, menyatakan dukungan terhadap dicanangkannya kabupaten Kuningan sebagai kabupaten pendidikan. Selain itu, beliau mengungkapkan alasan mengambil era MEA sebagai tema. “Kunci dari MEA adalah daya saing, dan diharapkan mahasiswa kami memiliki daya saing pada tingkat ASEAN”, dalam sambutannya.

300 peserta, yang mayoritas calon guru SD, dipaparkan fakta bahwa kompetensi guru di Indonesia, berada pada peringkat 64 dari 65 negara. Fakta ini yang menjadi trigger agar calon guru SD, selagi masih kuliah, harus mampu bersaing dengan negara lain melalui peningkatan kompetensi.

Penambahan wawasan keilmuan melalui smeinar seperti ini memang menjadi salah satu cara meningkatkan kompetensi calon guru sekolah dasar.

(SFN)