KUDOSAI, upaya mahasiswa KKN STKIPMKu Mengangkat UMKM Warga Lokal Sindangjawa


Kuningan, UPMKNews - Mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan  di Desa Sindangjawa, kecamatan Cibingibin yang diketuai oleh Raka Pajarullah dari Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) melaksanakan program kerja “Kudosai” (Kunjungan Dorokdok Sangrai).

Program yang merupakan arahan dari LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) STKIPMKu ini bertjuan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan makanan khas daerah Sindangjawa, guna mengangkat UMKM warga lokal.

Dorokdok itu sendiri merupakan kerupuk dengan bahan utamanya adalah tepung aci, pewarna makanan, dan bumbu penyedap lainnya.

Paing, selaku pemilik UMKM Dorokdok menyampaikan, saya senang bisa berbagi ilmu tentang perdagangan sekaligus ilmu kehidupan. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu kami di Desa Sindangjawa, khususnya bagi saya pribadi dalam terus mengembangkan bisnis saya.” pungkasnya.

Dorokdok Pak Paing memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan yang lainnya, dimana dalam proses pembuatanya, dorokdok Pak Paing tidak digoreng menggunakan minyak, melainkan dengan cara disangrai. Namun dalam pengemasan dan identitasnya masih sederhana bahkan belum terdapat identitas produk.

Maka dari itu, mahasiswa KKN STKIPMKu di Sindangjawa berinisiatif membantu mengembangkan UMKM dalam segi pengemasan, pemberian label dan dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi khusunya di instagram.

“saya selaku perwakilan dari rekan KKN STKIPMKu berharap ini dapat terus membantu dan meningkatkan UMKM bapak serta bermanfaat bagi kami dalam terjalinnya diskusi dan berjalannya program yang telah ditetapkan” ujar Raka Pajrullah.


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp