Kunjungi STKIP Muhammadiyah Kuningan, UMKudus Siap Investasi dan Kembangkan Bisnis Bersama


Kuningan – Setelah dikunjungi oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tanggal 4 Februari bulan lalu, kini giliran Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) yang berkunjung ke STKIP Muhammadiyah Kuningan. Tidak jauh berbeda dengan kunjungan sebelumnya, kedatangan UMKU kemarin pada Selasa hingga Rabu (3-4/3/2020) masih dalam rangka silaturahmi dan sinergy harmoni antara keduanya.

Kunjungan rombongan UMKU itu terdiri dari Rektor UMKU Rusnoto, SKM., M.Kes (epid), Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Rizka Himawan, S.Psi., M.Psi, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Anny Rosiana Masithoh, S.Kep., Ns., M.Kep.Sp.Kep.J, serta turut hadir juga Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMKU Drs. H. Sajad Abdi, M.Pd, serta Staf Khusus Kesekretariatan.

Kehadiran rombongan UMKU disambut baik oleh civitas STKIP Muhammadiyah Kuningan, dan disambut langsung oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Nanan Abdul Manan, M.Pd, turut menyambut juga Wakil Ketua I Bidang Akademik Dr. Casnan, M.Si, dan Wakil Ketua II Bidang Keuangan dan SDM Hermawan, M.Si.

Di hari pertama kunjungannya Selasa (3/3) pagi, di Gedung Rektorat Lantai 2 Ruang Ketua, kedua belah pihak tersebut menjelaskan banyak hal tentang pengembangan manajemen, prosedur dan kebijakan Perguruan Tinggi serta kondisi masing-masing Perguruan Tinggi, yang berkaitan dengan akademik, kemahasiswaan, pengembangan sistem informasi, serta kajian tentang unit usaha kampus.

Setelah berdialog, rombongan UMKU diajak berkeliling mengunjungi beberapa fasilitas yang ada di STKIP, seperti kelas, ruang dosen, ruangan Prodi, serta beberapa fasilitas lainnya. Sambil mengunjungi fasilitas tersebut, kedua belah pihak berdiskusi mengenai sistem dan tata kelola Perguruan Tinggi yang baik.

Tidak sampai disitu, rombongan UMKU juga diajak berkunjung ke beberpa unit usaha atau bisnis yang berada tidak jauh dari kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, diantaranya berkunjung ke salah satu Tempat Peternakan Sapi Perah dan pengolahan susu Suka Yogurt yang lokasinya berada di sekitar jalan Raya Cirendang Cigugur Kuningan. Dari kunjungannya ke beberapa unit bisnis tersebut, Rektor UMKU meyampaikan langsung keinginannya untuk berinvestasi menjalankan bisnis bersama STKIP Muhammadiyah Kuningan kedepan. (3/3/2020).

Hari pertama menjelang siang para rombongan UMKU diajak jalan-jalan ke salah satu objek wisata yang berada di  kaki gunung Ciremai, yaitu Objek wisata Palutungan, serta berakhir kunjungannya ke Gedung Naskah Bersejarah Perundingan Linggarjati yang berlokasi di Desa Linggasana Kecamatan Cilimus  Kuningan.

Pada agenda berikutnya hari Rabu (4/3/) pagi, STKIP Muhammadiyah Kuningan bersama UMKU menggelar Workshop Pemberdayaan Ekonomi Keumatan, dengan mengundang seluruh unsur persyarikatan mulai dari Pimpinan Daerah Muhamamdiyah (PDM), PD Aisyiyah, Pimpinan AUM, PCM, dan ORTOM Se- Kab Kuningan.

Dalam sambutan pembukaannya Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan menyampaiakan, selain menjalin silaturhami, kehadiran UMKU dalam kegiatan workshop ini sebagai jembatan penghubung antara AUM, Ortom, dan PCM dalam membangun ekonomi keumatan sebagai upaya menghadapi tantangan era disruptif.

Sementara Ketua PDM Kab. Kuningan Drs. Wahid, TBk, MA, sangat menyambut baik kehadiran rombongan dari UMKU, bahkan Ia juga memperkenalkan kekhasan Kab. Kuningan mulai dari luas wilayah kuningan, jumlah penduduk, kondisi masyarakat, sumber potensi daerah, serta objek pariwitasa yang ada di Kuningan. Bahkan Ia juga menyinggung tentang filosofi kuningan, kuningan kalau digosok akan kelihatan mengkilap, begitupun STKIP kalau digosok oleh UMKU maka akan cepat maju ungkap Wahid (4/3).

H. Sajad Abdi selaku Ketua BPH UMKU yang ikut memberikat sambutan dalam acara workhsop, beliau mengungkapkan terimakasih atas penyambutannya baik dari pimpinan STKIP, Pimpinan PDM, AUM, dan Ortom. Bahkan Ketua BPH UMKU tersebut menuturkan kesuksesannya dalam mengawal, mendampingi dan mensupport UMKU dalam perubahan statusnya dari STIKes Muhamamdiyah Kudus menjadi Universitas, kesuksesan UMKU hari ini karena buah sinergitas antar sesama unsur yang ada di persyarikatan, dan tugas kita adalah mengawal, mendampingi, dan mensupport, kata Ketua BPH UMKU (4/3/).

Rusnoto, M.Kes selaku Rektor UMKU sekaligus menjadi narasumber tunggal dalam kegiatan workshop tersebut memaparkan, ekonomi keumatan dapat tumbuh berkembang lebih pesat, apabila unsur yang ada di persyarikatan mampu menggali potensi usaha atau bisnis tersebut, dan dapat dikembangkannya. Sehingga kesuksesan unit usaha yang dikembangkan bisa menopang pertumbuhan lembaga, baik AUM, Ortom, dan PCM yang ada di persyarikatan, ungkap Rusnoto (4/4).

Rektor UMKU juga menceritakan unit-unit bisnisnya yang sedang dijalankannya saat ini, diantaranya Mu Mart UMKU, Mu Mart Ponpes Muhammadiyah Kudus, Restoran Kedai Mu, Autobridal Car Wash, SM Corner, Asrama Mahasiswa, dan Investasi dari dana Pegawai atau warga Muhammadiyah untuk pembangunan dan pengembangan. Tidak hanya bebrapa unit bisnis yang dikembangkan, UMKU juga senantiasa bersinergi dan berinvestasi diantaranya  BMT Surya Sekawan, RS Umum Aisyiyah Kudus, dan dengan beberapa lembaga dan perusahaan lainnya.

Di tempat yang sama, setelah kegiatan workshop berakhir, kedua belah pihak antara UMKU dan STKIP Muhammadiyah Kuningan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang disaksikan langsung oleh seluruh peserta yang hadir, meliputi: aspek Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Al- Islam Kemuhammadiyahan (AIK). (sekre/asa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp