Lawanmu Bukanlah Orang Lain


Oleh: Muhammad Fahmi Ulul Azmi, Prodi PGSD 3D

Kuningan, UPMKnews --- Mungkin kita sering melihat orang-orang yang sudah sukses dimasa mudanya. ya kan? Mulai ada yang sudah jadi milyader di umur 20 tahunan, menjadi sarjana muda, mempunyai perusahaan diberbagai kota, bisa traveling keliling dunia, mengumrohkan keluarganya, dan yang lainnya. Kadang kita selalu berpikir kenapa mereka bisa semudah itu menjadi sukses..?? Apa dibalik kesuksesan mereka..? Kenapa kita gini-gini aja? Hanya bisa menyimak kesuksesan mereka..? Yaa.. itulah salah satu pertanyaan yang sering hati lontarkan kepada diri kita.

Mereka orang-orang yang sudah menggapai cita-citanya,sebelum mereka bisa seperti itu,pasti ada perjuangan yang keras dibalik kesuksesannya.Mungkin kita tidak asing mendengar pepatah “proses tidak akan mengkhianati hasil”. Ya, seperti itulah, dibalik kesuksesan mereka. Ada waktu yang mereka tidak sia-siakan,ada ide yang mereka manfaatkan dengan baik, ada giat yang mereka pegang erat-erat, ada jatuh bangun yang mereka lalui.

Lalu apakah faktor yang menjadi penghambat terhadap kesuksesan kita? Sedikitnya ada 3 faktor yang menjadi musuh utama atas diri kita yaitu :

Kebiasaan Menunda, Disadari ataupun tidak, kebiasaan menunda-nunda adalah kebiasaan kita sehari-hari atau sering kita lakukan. Seperti menunda untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah, menunda, menunda peluang baik,menunda kewajiban dan yang lainnya. Kebiasaan menunda-nunda sangat merugikan bagi kita dan menjadi musuh yang harus kita lawan. Karena sangat bodoh ketika seseorang mampu melakukan sesuatu hari ini dan menundanya sampai hari esok ataupun hari selanjutnya. Bagaimana kalau hari esok kita ada halangan, seperti urusan mendadak, sakit, ataupun ajal tiba..?

Rasa Malas, Ketika kita mendambakan cita-cita yang ingin tercapai,sedangkan hanya dibarengi dengan rasa Malas. Maka itu semua hanya haluan belaka. Musuh diri kita yang kedua yaitu sifat malas. seperti malas belajar, malas mengerjakan tugas, malas berpikir, malas-malasan pokoknya. Mari ubahlah diri kita dari sekarang, hilangkan sifat malas, buang jauh-jauh, jangan sampai Kembali, perangilah kemalasan dalam diri kita, jadikan kemalasan sebagai musuhmu.

Kurangnya disiplin, Disiplin adalah sikap yang selalu menepati janji, sehingga orang lain akan percaya.Sedangkan kebiasaan kita yang tidak disadari adalah kurangnya disiplin, yang mengakibatkan terhambatnya nasib baik pada kita. Kesuksesan tidak akan terwujud tanpa kedisiplinan. Seperti disiplin waktu, belajar, menghafal, mengerjakan tugas, istirahat dan yang lainnya. Sehingga ketika kita sudah membiasakan hidup disiplin,lambat laun hidup kita akan berubah menjadi lebih baik. Apalagi jika kita adalah seorang yang sedang dalam proses pendidikan.

Oleh karena itu, kita sebagai seorang pelajar khususnya, sangat baik bila kita menjauhkan 3 faktor diatas. Karena ketika sifat tersebut sangat berlawanan dengan pendidikan khususnya dikalangan para pelajar.

Maka, tulisan ini memberitahukan kepada kita semua, bahwa musuh kita sebenarnya bukanlah orang lain. Melainkan diri kita sendiri. Maka taklukan dirimu itu..!!


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp