Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan gelar program Training English and Indonesia di Eakkapapsasanawich Islamic School Krabi Thailand


Kuningan, UPMKNews-‘’Learning with fun, fun with english’’ itulah jargon yang kami angkat untuk menambah raasa semangat para santri di pondok pesntren ini. Training English and Indonesia ini kami angkat sebagai program penunjang kegiatan KKN Internasional Indonesia-Thailand yang diselenggrakan oleh Asosiation of Education Cultural Internasional (AECI). Pada kesempatan kali ini STKIP Muhammadiyah kuningan mengirimkan 7 orang Mahasiswa yang dibagi lagi ke beberapa sekolah muslim yang ada di Krabi Thailand, salah satunya yang kami tempati saat ini yaitu Eakkapapsasanawich Islamic school Krabi Thailand.

Training English and Indonesia ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka dalam berbahasa inggris dan Indonesia khususnya dalam Public Speaking, program ini dimulai tanggal 16 Desember  2022 dan akan berakhir di tanggal 06 Januari 2022 dengan Farewell Party yang isinya adalah tindak lanjut dari hasil belajar dan berlatih mereka. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang laki laki dan perempuan, tidak hanya belajar untuk berbicara didepan umum tetapi mereka juga diajarkan untuk belajar seni mulai dari seni berbicara seperti pusi, pidato, pembawa acara sampai ke seni hadroh dan menyanyi kami ajarkan disini, selain itu kami juga memberikan asupan motivasi dan inovasi kepada mereka tentunya untuk meningkatkan dan mengasah minat dan bakan mereka. Banyak sekali yang kami temukan dalam kegiatan ini salah satunya dalam berkomunikasi, dimana kami harus lebih extra memberitahu kepada mereka dengan bahasa inggris karena masih ada dari mereka yang belum lancar bahasa inggris, tetapi itu bukan menjadi masalah yang besar karena kami memberikan pengertian kepada mereka dengan penuh senyuman dan kebahagiaan.

‘’Saya rasa aktiviti ini sangat bagus, mempelajari perkataan baharu dalam bahasa Inggeris dan Melayu yang tidak pernah saya pelajari.  Aktiviti ini sungguh menyeronokkan, terima kasih kerana meluangkan masa untuk mengajar kami.  Kami mungkin degil tetapi kami benar-benar ingin mengucapkan ribuan terima kasih.  sayang kedua-dua guru’’ ujar Chada salah satu peserta training English and Indonesia. Ini tentunya menjadi satu kebahagiaan bagi kami karena respon dari meraka yang antusias dan senang untuk ikut program ini. ‘’Senang sekali bisa berpartisipasi dalam acara ini. membuat kita mendapatkan lebih banyak pengetahuan memungkinkan kita untuk menerapkan pengetahuan ini ke masa depan, Sangat menyenangkan belajar bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia.’’ Ujar Adisak salah satu peserta training English and Indonesia juga. Semoga dengan adanya kegiatan ini mereka bisa menjadi generasi penerus yang hebat, sukses, dan menjadi insan yang bermanfaat bagi orang sekitar, selain itu kami berharap mereka juga bisa mengimplementasikan apa yang mereka dapat di kegiatan ini baik dalam soft skill ataupun hard skill mereka. Masa depan tidak akan berjalan bila tidak ada kemauan, dan tidak akan ada kemauan jika tidak punya keberanian, maka dari itu berani mencoba untuk masa depan yang indah terang gemerlapan penuh dengan pengalaman.

 

Sumber : Maulana Iqbal Lubabun Najib Mahasiswa Aktif prodi PGSD semester 5


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp