Mahasiswi PGPAUD STKIPM Kuningan Usai Laksanakan PKM di Desa Lebak Wangi


Kuningan, UPMKNews – Sabtu, (11/5/2024) mahasiswi program studi PGPAUD semester IV STKIP Muhammadiyah Kuningan, telah melaksanakan kegiatan perdana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mandiri di Desa Lebakwangi, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan.

Kegiatan PKM yang dilaksanakan merupakan bentuk pengaplikasian dari mata kuliah Perlindungan dan Pemberdayaan Hak Anak dan mata kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi yang mengusung tema “Menjaga Masa Depan Anak Melalui Warisan Budaya”.

Pada pembukaan kegiatan PKM mahasiswa PGPAUD semester IV, dibuka langsung oleh Ketua LPPM STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Oman Hadiana, M.Pd. Begitupun turut hadir dosen STKIP Muhammadiyah diantaranya Bunda Erna Juherna, M.Pd.I., selaku dosen pengampu mata kuliah Perlindungan dan Pemberdayaan Hak Anak, Bunda Leni Nuraeni, S.S., M.Hum., dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya & Teknologi, Bunda Rita Kusumah, M.Pd., selaku dosen homebase PGSD dan dihadiri Kepala Desa Lebakwangi beserta jajarannya termasuk ibu-ibu PKK, kader posyandu, serta beberapa warga Desa Lebakwangi dan anak usia dini.

Pemberian simbolik pun tidak serta merta terlupakan, pada pembukaan Ketua LPPM, Dr. Oman Hadiana, M.Pd., melakukan penyerahan bibit tanaman durian kepada Kepala Desa Lebakwangi Bapak Nuryaman.

Rofi Fitriyah selaku Ketua Pelaksana PKM, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerjasama membantu mensukseskan kegiatan dan kepada Kepala Desa beserta warga Desa Lebakwangi yang telah menyambut dengan sangat baik.

Rofi pun menjelaskan bahwa kegiatan PKM kali ini diisi dengan kegiatan seminar dan permainan tradisional bersama anak-anak usia dini. Adapun pada saat Seminar diisi dengan pemaparan materi oleh Bunda Erna Juherna, M.Pd. (Peran Keluarga dalam Pencegahan Bullying), dan Bunda Leni Nuraeni, S.S., M.Hum. (Cara Mengenalkan Budaya pada Anak), sedangkan permainan tradisional dipandu Bunda Rita Kusumah, M.Pd.

Harapan semua pihak untuk PKM yang dilaksanakan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa PGPAUD semester 4 dalam mengembangkan dan mengaplikasikan kreatifitas serta ilmu yang didapat di kehidupan bermasyarakat.

Penulis: Nia Kurniawati

Editor: Deliya


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp