Makin Berkemajuan, 5 Dosen STKIP Lolos Asesor BAN SM


Kuningan, UPMKnews --- STKIP Muhammadiyah Kuningan semakin berkemajuan, dibuktikan dengan prestasi 5 dosen yang lolos menjadi Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM) Provinsi Jawa Barat tahun 2021-2025.

5 dosen tersebut diantaranya: Dodi Ahmad Haerudin, M.Pd.I (Dosen Homebase PG-PAUD); Ricki Yuliardi, M.Pd. (Dosen Homebase PMTK); Dr. Uba Umbara, M.M., M.Pd. (Dosen Homebase PMTK); Agatha Kristi Pramudika Sari, M.Pd. (Dosen Homebase PGSD); dan Irfan Fajrul Falah, M.Pd. (Dosen Homebase PGSD).

Keberhasilan 5 dosen itu pun memberi daya saing bagi kampus STKIP semakin berkemajuan, dan diharapkan di tahun berikutnya akan semakin banyak lagi dosen - dosen STKIP yang mampu berkiprah pada skala nasional, “dan kami sangan percaya itu,” ujar ketua STKIPM Ku, Nanan Abdul Manan, M.Pd, Senin (10/5)

Diterangkan oleh Ricki Yuliardi, bahwa proses yang diikuti selama seleksi terbilang sangat ketat, untuk Provinsi Jawa Barat sendiri yang mengikuti seleksi sebanyak 7.000 orang dari berbagai unsur, seperti dosen, widyaiswara/pelatih kompetensi guru, pengawas sekolah, guru dan unsur pendidikan yang memiliki kualifikasi. (10/5)

Dari 7.000 peserta yang dinyatakan lolos pada tahap 1 sebanyak 1.487, kemudian pada tahap 2 sebanyak 309, dan di tahap terakhir BAN SM menetapkan sebanyak 180 orang yang layak menjadi asesor BANN SM, tambah Ricki

Setelah dinyatakan lolos, tahap berikutnya kelima dosen tersebut akan mengikuti pelatihan tentang pentingnya kebijakan akreditasi sekolah/madrasah, memahami petunjuk teknis pengisian saat visitasi, kemudian memahami prosedur profesional judgement untuk pembuktian capaian kinerja satuan pendidikan.

Mereka juga akan diberikan pelatihan terkait keterampilan menyusun laporan visitasi, sistem penilaian akreditasi, serta memahami norma dan kode etik sebagai asesor. (agus_sa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp