Masuknya Budaya Barat Mempengaruhi Remaja Milenial


UPMKNews--Individu adalah kesatuan terbatas yang memiliki keunikan dan memiliki nilai ketuhanan serta kemanusiaan sehingga tercipta keseimbangan. Individu akan menciptakan hubungan yang harmonis dengan cara berfikir positif. Beberapa individu atau sekelompok individu dapat disebut sebagai masyarakat.

Masyarakat adalah sekelompok individu yang memiliki norma, adat dan hukum yang diterapkan maupun dipatuhi. Dari adanya individu dan masyarakat ini akan menghasilkan interaksi sosial. Masyarakat seharusnya melaksanakan norma, adat dan hukum agar tercipta keharmonisan dan dampak yang poposit. 

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik, karena manusia merupakan makhluk sosial tentunya akan melakukan interaksi. Teori interaksi sosial terdiri dari individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Dari teori interaksi sosial ini dapat menimbulkan dampak positif dan negatif.

Dampak dari interaksi yang positif dan negatif akan timbul sesuai norma, adat dan hukum yang ada dalam masyarakat tersebut, apakah dipatuhi atau tidak. Apabila norma, adat dan hukum dilaksanakan dengan baik maka akan timbul dampak positif dan tercipta pranata sosial. Sedangkan, apabila norma, adat dan hukum tidak dilaksanakan akan timbul dampak yang negatif.

Struktur sosial terdiri dari 3 golongan, yaitu golongan atas, menengah dan bawah. Alat ukur struktur sosial yaitu keturunan, jabatan, pendidikan dan takdir. Contohnya keturunan pejabat dengan keturunan anak seorang petani akan mempengaruhi penilaian orang lain. Dari pembedaan golongan tersebut akan menimbulkan kesenjangan. Kesenjangan sosial yaitu suatu ketidakseimbangan sosial yang ada dimasyarakat, sehingga menjadikan suatu perbedaan yang mencolok dalam struktur sosial dimasyarakat.

Maraknya perkembangan dunia internet, membawa banyak pengaruh bagi pelajar. Salah satunya dengan kehadiran game online. Permainan ini dapat mengganggu prestasi belajar. Hal ini karna permainan game online memiliki sifat adiktif atau membawa candu. Akibatnya anak yang sudah mengenal game online akan cenderung terpengaruh, baik secara langsung maupun tidak. Anak sekolah merupakan salah satu kelompok yang mudah terpengaruh oleh dampak game online. Waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat atau bermain, namun anak cenderung memanfaatkannya untuk asik bermain ponsel dan asik dalam permainan game online tersebut. Meskipun kelihatannya sekedar bermain ponsel dampak jangka panjang dari permainan game yang menghabiskan waktu luang lebih dari 30 jam perminggu, serta permainan game dapat menguras energi serta membutuhkan kontrentrasi dan anak dirangsang penasaran untuk mengerjar nilai tinggi bahkan anak lupa waktu untuk berhenti sejenak.

Ketergantungan semacam itu dapat memicu perilaku negatif seperti berubahnya sikap karakter seseorang individu, dan terpengaruh pada pelajaran, bolos sekolah, malas mengerjakan pr, atau rasa tak tenang saat tidak dapat bermain game, waktu untuk membantu orang tua sehabis jam sekolah akan hilang karena bermain game, emosional juga akan terganggu karena efek game ini. Saat ini era teknologi sedang berkembang dengan pesat apalagi didalam game, game saat ini banyak dimainkan oleh kalangan muda, terlebih anak-anak yang masih dibawah umur, perkembangan game online sangat menarik perhatian anak- anak dibawah umur untuk memainkannya karena mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis permainan dan resolusi gambar yang menarik perhatiaan anak-anak dibawah umur. Biarpun game online bisa berdampak positif dan negatif tetep saja apabila berlebihan tidak baik, dalam proses pembelajaran, hal tersebut sangat mengganggu pencapaian belajar anak-anak dibawah umur, dari perkembangan teknologi tersebut ini menjadi tantangan untuk orang tua dan juga guru, bagaimana kita bisa mengkontrol anak-anak supaya tidak kecanduan terhadap game ononli. 

Seperti yang kita lihat sekarang anak yang seharusnya bisa bersaing dengan orang lain kini bisa terjerumus kedalam arah yang salah, salah satunya terpengaruh oleh game yang berasal dari budaya barat yang dapat mempengaruhi seseorang individu bahkan bisa merusak masa depannya.

Dalam drama ini melihatkan bahwa seseorang yang terpengaruh oleh game dapat berubah sikap dan perilaku sehari- hari terjadi nya interaksi sosial yang negatif, bahkan berdampak kepada masyarakat sekitar, bahkan keluarga. Orang yang terpengaruh game yang berasal dari budaya barat ini akan cenderung mementingkan kesenangannya sendiri tidak peduli oleh orang- orang sekitar.

Solusi untuk menghadapi individu yang terpengaruh oleh game budaya barat yaitu orang tua harus bisa mengajak si anak untuk lebih giat belajar dan tidak dengan menggunakan cara yang keras. Seperti memberikan batasan waktu untuk bermain game dan memberikan perhatian secara langsung dalam kegiatan belajarnya. Seperti menanyakan tugas kepada si anak atau mengajak berlibur bersama keluarga ke tempat-tempat yang memiliki pembelajaran juga seperti museum dan lain-lain. Sebagai guru, tantangan ini juga harus bisa dihadapi disekolah supaya anak didiknya ketika pulang kerumah tidak langsung bermian game. Solusi pada umumnya sudah pasti memberikan tugas pekerjaan rumah. Tetapi sebagai guru, kita harus bisa membuat siswa menjadi penasaran terhadap pelajaran yang guru berikan. Oleh karena itu guru harus pintar membuat pembelajaran yang menarik, lebih menarik dari game.

Dari uraian diatas berharap agar kita bisa memanfaatkan segala teknologi yang ada termasuk internet untuk kemajuan bangsa, karena kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat kualitas pendidikan. Suatu teknologi akan mengakibatkan apa saja itu semua tergantung pada diri kita masing-masing, jangan mempergunakan internet untuk sesuatu yang dapat merugikan orang lain, atau dapat menimbulkan suatu masalah. Maanfaatkan internet sebagai media pembelajaran dalam rangka menuju masa depan yang cerah dengan pengetahuan yang luas dan kritis, dan juga kita sebagai penerus bangsa seharusnya bisa menjaga agar tidak terpengaruh oleh budaya barat kita harus bisa menunjukan kebiasaan yang positif memakai barang buatan bangsa sendiri menjungjung tinggi barang produk asal negara kita sendiri dengan sebaik- baiknya.


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp