Program Studi PG-PAUD Sosialisasikan Pentingnya 1000 Hari Pertama Masa Kehidupan Melalui Seminar Nasional


Kuningan - Pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir hingga usia 6 tahun, dengan cara memberikan stimulasi guna mempersiapkan peserta didik untuk memasuki pendidikan yang lebih lanjut (Sisdiknas No 14 Tahun 2003).

Pentingnya 1000 hari pertama masa kehidupan dalam Seminar Nasional yang hari ini, Sabtu (18/03) diselenggarakan, menjadi kajian yang sangat menarik dan mencakup beberapa aspek bidang kajian keilmuan seperti: kesehatan & gizi anak usia dini, pemberdayaan & perlindungan hak anak, kreativitas, pola asuh serta perkembangan sosial, emosional anak usia dini.

Dalam seminar ini dihadiri oleh 435 Peserta dari latar belakang Guru PAUD, Mahasiswa, Dosen PG-PAUD dan umum, serta 16 orang penyaji. Bertempat di Ballroom Raja seafood Bandorasa Cilimus Kuningan

Dalam laporan Ketua pelaksana seminar nasional ini, Erna Juherna, menyatakan kepedulian lembaga yang dipimpinnya akan pola perkembangan anak usia dini.

"Tujuan Acara Seminar ini adalah kepedulian civitas akademik dalam bidang Pendidikan terutama dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini"

Dalam sambutan yang sama, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kasdar Al Ade Saputra, berharap "Pentingnya 1000 hari pertama masa kehidupan ini adalah unutuk mengembangkan karakter pendidik dan calon pendidik di masa yang akan datang, semoga dengan adanya seminar ini bisa terus mengembangkan kreativitas, pola asuh serta perkembangan sosial, emosional anak usia dini"

Pemateri dalam seminar nasional ini yaitu dari UHAMKA Jakarta, Dr. Hj. Chandrawaty, M.Pd., Amelia Vinayastri, M.Pd., Psi dan Pemateri dari UN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Suyadi, M.Pd. Acara ini dihadiri juga oleh perwakilan dari Kabupaten Kuningan ASDA II Bapak Drs. H. Dadang Supardan, M.Si. dan sekaligus membuka acara seminar nasional ini. dalam sambutannya "Tenaga pendidik harus dipersiapkan dengan baik dengan mengadakan diklat dan seminar, dan sangat diharapkan kompetensi PAUD dalam seminar nasional ini mengembangkan dalam potensi karekter pendidik".

(Adhikomara)