Menumbuhkan Motivasi Belajar di Desa Ciangir


UMPKNews – Dalam lingkup pendidikan, keberlangsungan dan keberhasilan proses pembelajaran bukan hanya dipengaruhi oleh faktor intelektual semata, melainkan dapat dipengaruhi pula oleh faktor non-intelektual, seperti pemberian motivasi.

Motivasi termasuk salah satu faktor paling penting dan paling utama dalam keberlangsungan serta keberhasilan dunia pendidikan. Bagi peserta didik, motivasi akan membantu mereka dalam memproses materi pembelajaran serta dalam membangun antusiaas belajar sedangkan bagi pendidik, motivasi akan menjembatani proses mengajar agar dapat lebih mudah dipahami dan dapat lebih kondusif dalam menciptakan iklim kelas.

Banyak cara dalam memberikan motivasi kepada peserta didik, diantaranya dengan memberikan pesan/nasehat tentang pendidikan, menonton film yang berkaitan dengan pendidikan, dan memberikan sesuatu atau banyak hal yang dapat menunjang pendidikan.

Untuk memberikan motivasi kepada anak-anak di Desa Ciangir, Kelompok Mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan mengadakan kegiatan “Nobar” (Nonton Bareng) bertema motivasi belajar penuh makna. Pada hari Sabtu, 30 Juli 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh anak-anak Desa Ciangir dari mulai jenjang SD hingga SMP. Mereka sangat antusias menyaksikan film yang dipersembahkan.

“Filmnya sangat seru, semoga kakak-kakak bisa mengadakan nonton bareng lagi.” ujar Sheila, salah satu anak yang hadir.

Harapan Kooordinator divisi Pendidikan KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan di Desa Ciangir, (NA) “Semoga dengan diadakannya kegiatan kali ini dapat membangun motivasi belajar anak-anak di Desa Ciangir, karena banyak sekali makna yang disampaikan dalam film yang dipersembahkan hari ini, diantaranya mengajarkan arti pentingnya sekolah, rasa syukur, dan patuh terhadap kedua orang tua.”

 

(Kelompok KKN Desa Ciangir)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp