Metode Blended Learning dalam Pembelajaran IPS di Kelas Rendah

Kuningan, UPMKNews -- Tentu hal yang satu ini tidak asing didengar dalam pembelajaran. Apa itu Blended Learning? Suatu metode belajar yang menggabungkan dua atau lebih metode dan pendekatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan proses pembelajaran. pembelajaran blended memadukan kegiatan tatap muka dan pembelajaran berbasis komputer baik secara luring atau daring.
Komponen-komponen Blended Learning, 1) Online Learning, 2) Pembelajaran Tatap Muka, dan 3) Belajar Mandiri. Dari definisi yang dikemukakan oleh Dabbagh di atas, dapat disimpulkan bahwa online learning merupakan lingkungan belajar terbuka dengan mempertimbangkan aspek-aspek pembelajaran dan mungkin menggunakan teknologi internet dan berbasis web untuk memfasilitasi proses belajar dan membangun pengetahuan.
Metode Blanded Learning
Menurut metode blended learning adalah metode pembelajaran pada Era Digital karena metode ini diedukasi dengan internet. Metode blended learning merupakan suaru metode pembelajaran penggabungan dari penerapan metode tradisional dan penerapan metode online dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam penerapannya.
Penerapan Blended Learning
Tahap perencanaan meliputi pembuatan RPP, soal tes dan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Tahap pelaksanaan yaitu meliputi pembelajaran menggunakan aplikasi zoom dalam menerapkan blended learning berbantuan media benda konkret. Pada tahap ini siswa melakukan segala aktivitas saat pembelajaran di rumah masing-masing. Tahap Evaluasi yaitu setelah pembelajaran selesai peneliti melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Guru harus memiliki keterampilan dalam menyelenggarakan e-learning. Serta menyiapkan referensi digital yang dapat menjadi acuan bagi siswa. Penerapan ini dapat mendorong peserta didik cepat memahami materi dengan lebih baik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai sumber guna untuk menambah wawasannya.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan blended learning leluasa untuk mempelajari materi pelajaran secara mandiri dengan memanfaatkan materi-materi yang tersedia secara online, dapat melakukan diskusi dengan guru atau siswa lain di luar jam tatap muka, saling berbagi file dengan siswa lain. Kekurangan blended learning, media yang dibutuhkan sangat beragam, sehingga sulit diterapkan apabila sarana dan prasarana tidak mendukung, tidak meratanya fasilitas yang dimiliki siswa, seperti komputer dan akses internet, kurangnya pengetahuan sumber daya pembelajaran (siswa, guru, dan orang tua) terhadap penggunaan teknologi.
Penulis: Igra Tanjil Magistra, Dewi Safitri, Ade Amelia Fitri (Mahasiswa Aktif PGSD Semester 4)