Gerakan Taman Baca Mahasiswa KKN Tematik Desa Cengal STKIP Muhammadiyah Kuningan


UPMKNews - Di era kemajuan teknologi yang berkembang pesat, cukup sulit merangkul anak-anak untuk mempergunakan buku sebagai wadah edukasi. Minat baca pun menjadi rendah karena tingginya angka penggunaan media sosial di zaman sekarang. 
    
Maka dari itu Tim Kuliah Kerja Nyata STKIP Muhammadiyah Kuningan mengantisipasi keberlanjutan padamnya literasi dengan menghadirkan gerakan “Taman Baca”, program ini diusung guna meningkatkan persentase minat literasi baca siswa untuk mendapatkan suatu bentuk literasi yang relevan.

Gerakan “Taman Baca” ini dibuka secara sepihak yang diperuntukan untuk siswa-siswi sekolah dasar di SDN Cengal 1. Setelah berjalan dalam kurun waktu dua bulan, sangat terlihat keantusiasan anak-anak yang semakin bertambah setiap menginjak jadwal kegiatan “Taman Baca”. Tim KKN-T membentuk jadwal kegiatan “Taman Baca” pada hari minggu pagi, di mulai dari jam 08.00-10.00 WIB dengan roundown acara yang cukup menarik karena menghadirkan beberapa kegiatan sebelum literasi baca dimulai, diantaranya : Ice Breaking dan Story Telling,  dengan kegiatan tambahan tersebut anak-anak  terdorong untuk terus mengikuti program yang diadakan tim KKN-T, serta mereka pun merasa cukup diapreasiasi dengan adanya Reward untuk setiap orang yang ingin mereview bacaannya dihadapan semua teman-temannya.

Mengapa harus ada review buku pada kegiatan “Taman Baca” ini?, tentunya setiap bacaan yang mereka baca harus bisa dipahami secara lebih intens lagi dan ilmu yang mereka dapat dari media buku pun tidak semata-mata hanya sekedar baca saja tanpa menyerap isinya. 

Gerakan “Taman Baca” ini sangat diapresiasi sekali oleh warga sekitar maupun staf SDN Cengal 1, melihat keproduktifan di hari weekend menjadikan nilai positif untuk program gerakan “Taman Baca”.

“Dengan berdirinya Gerakan “Taman Baca” ini akan menambah wawasan dibidang Literasi karena minimnya sumber daya baca dan supaya siswa/i SDN Cengal 1 lebih giat membaca  sehinga nantinya mereka memiliki wawasan yang luas.” Tutur Dani Hamdani sebagai Ketua KKN-T STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Dalam pembangunan gerakan “Taman Baca”, TIM KKN-T STKIP Muhammadiyah Kuningan tidak lupa untuk mengucapkan banyak terimakasih kepada salah satu pelopor di Desa Cengal yaitu bapak “Taufik” dalam memfasilitasi media buku untuk keberlangsungan program kerja kami, beliau sangat mensupport inovasi proker berliterasi yang Tim KKN-T adakan, karena beliau adalah seorang penggerak kesenian di Desa Cengal, dan juga sempat mengkoordinir kegiatan literasi beberapa waktu lalu yang saat ini telah padam, maka antusias beliau dalam mendukung Gerakan literasi ini sangat tinggi, tanpa bantuan beliau sebagai mediator dalam gerakan “Taman Baca” dipastikan proker tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar. 

Cukup banyak Sarana media membaca yang beliau fasilitasi mencakup beberapa genre bacaan diantaranya (buku fiksi/non fiksi, sejarah, pengetahuan agama, keterampilan dan buku gambar/mewarnai).

Disamping itu, Bapak Taufik juga mengatakan “Dengan adanya Gerakan “Taman Baca” ini maka sumber daya baca anak-anak akan lebih meningkat dan mempunyai semangat dalam berliterasi (membaca)”.

Kedepannya gerakan “Taman Baca” akan dikelola oleh pemuda-pemudi aktivis di desa Cengal, agar “Taman Baca” ini tetap bermanfaat dan berjalan meski Tim KKN-T STKIP Muhammadiyah Kuningan telah usai bertugas.

Kegiatan KKN-T yang di berlangsung di desa Desa Cengal Kecamatan Maja di selenggarakan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STKIP Muhammadiyah Kuningan Tahun 2022.

Sumber: Ulpa Pitriani (Mahasiswa KKN)

Editor: Tria Sutriana (SDI)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp