Alumni PGSD Terpilih Sebagai Pengisi Program Tayangan Belajar dari Rumah di RCTV


Kuningan, UPMKnews -- Kembali, alumni PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan menorehkan prestasi. Setelah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2018 lalu, kini ia tampil di media elektronik pada Program Belajar Jarak Jauh yang diselenggarakan atas kerjasama Dinas Pendidikan Kota Cirebon dengan RCTV (Radar Cirebon Televisi).

Pria bernama lengkap Nurhaya Abaita, yang saat ini bekerja sebagai guru kelas dengan status PNS di SDN 1 Tirtawinaya Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Pria Kelahiran Gunungkidul 22 Juli 1990 ini merupakan alumni angkatan ketiga di STKIP Muhammadiyah Kuningan, Nurhaya nama panggilanya, ia lulus dan diwisuda pada tahun 2015 dengan predikat Cumlaude.

Nurhaya dulu sebelum sekarang menjadi seorang ASN adalah seorang guru honor yang sempat berpindah-pindah tempat dari mulai SDN Sampora hingga SDN 4 Bojong Cilimus.

Kala itu, sebut saja tahun 2018, Nurhaya mencoba mengikuti Seleksi Penerimaan Pegawai Negeri Sipil yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Atas tekad dan keuletan serta keseriusanya, dia biberikan ijin oleh Allah SWT sehingga Nurhaya dinyatakan lulus Test SKD dan SKB.

Kelulusanya menjadi seorang PNS berbarengan dengan lahirnya seorang Putri Cantik bernama Kinanti Nur Fathiya, kinan merupakan anak pertama dari pasangan Nurhaya Abaita dengan Meli Agustiani.

Tepat bulan Desember Kinan lahir, tepat bulan itupun Nurhaya mengikuti test seleksi SKB dan Alhamdulillah dinyatakan lulus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon, segala proses ia lalui mulai dari test seleksi, Pemberkasan, Diklatsar, sampai ia dilantik sebagai PNS penuh di Kota udang tersebut.

Nurhaya mulai bertugas di SDN 1 Tirtawinaya Kota Cirebon terhitung mulai bulan April 2019, setelah melewati proses yang panjang, Nurhaya Abaita sekarang menjadi Guru PNS di kota Cirebon, ia juga dikenal sebagai guru yang aktif, rajin dan ulet, sehingga ia mampu dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Di era masa pandemic ini dia tak kekurangan ide, nurhaya seorang guru muda yang enerjik tetap mengeksplorasikan ide-idenya, terkhusus dalam perkembangan pembelajaran di sekolah, hingga akhirnya ia berkesempatan mengisi sebuah program TV yang disiarkan langsung di RCTV.

Setelah melewati proses seleksi di kecamatan, Nurhaya terpilih sebagai Guru Model perwakilan dari SDN 1 Tirtawinaya Kecamatan Lemahwungkuk untuk mengisi  Program Belajar Jarak Jauh yang disiarkan langsung mulai  jam 08.00 hingga selesai pada tanggal 12 November 2020 di RCTV, atas kerjasama Dinas Pendidikan Kota Cirebon bersama RCTV.

Pada kesempatan itu Nurhaya mengisi materi pembelajaran Matematika di SD, ia pun dengan senangnya menyampaikan materi dengan penuh semangat, sampai-sampai durasi yang diberikan selama satu jam dirasa kurang olehnya.

Saat diwawancarai, nurhaya merasa kurang akan kesempatan satu jam itu, “akan lebih enaknya sih kalo durasi waktu yang diberikan itu lebih dari satu jam, supaya pemirsa atau siswa yang berada di rumah juga bisa leluasa memanfaatkan program tersebut”, kata Nurhaya.

Namun tidak hanya kali itu saja, Nurhaya sudah dijadwalkan juga untuk bulan depan mengisi program yang sama.

Pria yang aktif sebagai guru itu ternyata aktif juga di Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kabupaten Kuningan, bahkan ia pun menemukan tulang rusuknya ketika ia aktif di Tapak Suci Kuningan. [sekre/ER]


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp