Mieling Poe Basa Indung, Prodi PBSD Mengabdi di Desa Susukan


Kuningan, UPMKnews -- Tanggal 21 Februari besok, merupakan moment 'Mieling Poe Basa Indung' Internasional, atau Peringatan Hari Bahasa Ibu atau bahasa kerennya Internatinoal Mother Language Day.

Momentum ini selalu ditunggu-tunggu oleh kalangan akademisi khususnya program studi pendidkkan bahasa dan sastra daerah (PBSD) STKIP Muhammadiyah Kuningan. Pasalnya bahasa atau sastra sunda merupakan kekayaan budaya bangsa yang wajib dilestarikan. 

Beragam kegiatan pun rutin dilakukan oleh prodi PBSD kerja bareng dengan himpunan mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra daerah (DIKBASTRADA) setiap tahunnya. Sabtu (19/2/2020) kemarin saja mereka menggelar kegiatan di Desa Susukan, kecamatan Cipicung - Kuningan. Dan berlangsung hingga hari ini. 

Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah seminar. Pesertanya adalah masyarakat desa Susukan. Yang didominasi oleh para remaja. Narasumbernya langsung oleh Kaprodi PBSD, Fakhmi Rahman dengan topik pelestarian bahasa daerah sebagai media revolusi mental. Kemudian, Opah Ropiah (dosen prodi PBSD STKIP Muhammadiyah Kuningan) menyampaikan materi tentang adaptasi teknologi di era globalisasi. 

Tadi malamnya pertunjukan apresiasi seni, yang menampilkan kesenian dari para seniman/i Hima Dikbastrada. Kemudian, pagi tadi mahasiswa PBSD menyebar ke masyarakat guna sosialisasi pentingnya melestarikan bahasa sunda sebagai percakapan sehari-hari. (sekre


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp