Blended Learning Solusi dalam Era Perubahan


Kuningan, UPMKNews -- Revolusi Industri 4.0 mendorong perubahan pada proses pendidikan dan pembelajaran daring, hal tersebut menjadikan salah satu tantangan yang harus dihadapi. Agar dapat mengoptimalkan internet sebagai alat komunikasi yang cepat dan tepat. Blended Learning merupakan salah satu solusi untuk menuju perubahan tersebut.

Menurut Idris dalam (Idris, 2018) mendefiniskan Blended learning terdiri dari kata Blended (Kombinasi/ Campuran) dan Learning (Belajar). Istilah lain yang sering digunakan adalah Hybrid Course (Hybrid = Campuran/Kombinasi, Course = Mata Kuliah). Makna asli sekaligus yang paling umum Blended Learning mengacu pada belajar yang mengkombinasi atau mencampur antara pembelajaran tatap muka (face to face = f2f), dan pembelajaran berbasis komputer (Online dan Offline). Konsep pembelajaran ini relevan dengan perkembangan zaman karena terhubung dengan internet. 

Tujuan dari penggunaan Blended Learning diharapkan dapat membantu peserta didik untuk berkembang lebih baik dalam proses belajar. Sesuai dengan gaya dan prefrensi dalam belajar, menyediakan peluang yang praktis-realistis bagi pendidik dan peserta didik untuk pembelajaran secara mandiri, bermanfaat, dan terus berkembang, dan meningkatan penjadwalan fleksibilitas bagi peserta didik. Dengan menggabungkan aspek terbaik dari pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Adapun karakteristik Blended Learning merupakan sebuah perpaduan pembelajaran berbasis E-Learning dimana pembelajaran dilakukan berbasis tatap muka dan online dengan adanya pembimbing yang menjadi fasilitator. Selain itu, Blended Learning tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam pengaplikasiannya. Keuntungannya dimana siswa dapat mengeksplor pengetahuan yang tidak terbatas, akan tetapi hal ini harus diimbangi dengan kemampuan guru, faktor penghambat yang menjadi salah satu kekuranganya yakni sarana prasana yang biasanya belum memadai.

Penulis: Nurulita Fitriani dan Ratna Rahmanita, Mahasiswa Aktif PGSD 4D


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp