Kurikulum di Era Digital


Kuningan, UPMKNews -- Kurikulum di era digital ini tidak bisa disangkal lagi bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah pesat pada saat sekarang ini. Semua bidang saling berpengaruh dan tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk juga di bidang pendidikan.

Saat ini kita sedang berada diera digital, yang telah memberikan pengaruh yang luas. Bahkan dalam bidang pendidikan, sekolah berperan penting dalam pengembangan manajemen kurikulum yang dapat beimplikasi langsung terhadap mutu pendidikan sekolah, agar peserta didik mampu beradaptasi dan mampu bersaing di era digitalisasi ini.

Keberadaan TIK di dunia pendidikan ini memberi warna tersendiri, baik dalam pemanfaatan media pembelajaran, inovasi dalam pembelajaran, hingga berpengaruh terhadap tuntutan peningkatan kompetensi para pendidik yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan pendidikan.

Di jenjang PAUD sendiri keberadaan TIK jauh lebih berkembang pada beberapa waktu terakhir ini. Terlebih dengan saat waktu kondisi pandemi COVID-19, keberadaan TIK sangat membantu proses pembelajaran yang hanya bisa dilakukan secara jarak jauh/Daring. Dimana rencana pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan bahan pelajaran serta metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar, bisa langsung digunakan secara Daring.

“Baik buruknya hasil pendidikan ditentukan oleh kurikulum yang mampu membangun kesadaran kritis terhadap peserta didik”.

Sumber: Gebby Okelia Tofani Prodi PG-PAUD Semester 2 STKIP Muhammadiyah Kuningan


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp