Metode Meningkatkan Motivasi Belajar di Era Pandemi


Oleh: lulu Safitri, PGSD 3B

Kuningan, UPMKnews --- Metode untuk meningkatkan motivasi di era pandemi itu dengan metode pembelajaran dengan minat dan kondisi siswa, pada saat pandemi sekarang ini proses belajar mengajar juga tetap harus tetap di laksanakan dengan mengacu pada minat dan kondisi siswa, tidak boleh disamakan dengan fasilitas dan akses belajar siswa di setiap daerahnya, guru sangat penting bersikap bijak menyesuaikan dengan kondisi yang ada tanpa mengabaikan target kurikulum.

Adapun cara meningkatkan belajar di masa pandemi untuk para guru

Meningkatkan kualitas guru -- Guru itu sosok yang menjadi pioner dalam proses kegiatan belajar mengajar, karena itu sebagai seorang guru harus terus melakukan peningkatan kualitasnya untuk mengajar siswa agar siswa tersebut paham apa yang guru sampaikan kepada siswa.

Memaksimalkan fasilitas dalam pembelajaran -- Guru juga harus memaksimalkan fasilitas dalam pembelajaran, karena dengan fasilitas yang memadai akan membuat anak didik lebih memahami dan menguasai dalam pembelajaran diantaranya seperti gedung, ruang kelas,meja, kursi, serta media pengajaran yang lainnya.

Pilih metode pembelajaran yang tepat dalam era pandemi -- Metode pembelajaran ketika di masa pandemi akan lebih tepat dengan cara menggunakan metode ceramah melalui pembelajaran daring dengan melakukan metode tanya jawab sehingga pada saat pembelajaran daring siswa akan lebih memahami dalam pembelajaran tersebut.

Memanfaatkan media pembelajaran pada saat pandemi -- Guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dengan cara menggunakan hand phone, leptop, komputer, atau LKS yang sudah di bawa oleh siswa dari sekolah.

Lakukan evaluasi pembelajaran kepada siswa -- Guru juga harus melakukan evaluasi kepada para siswa, apakah materi yang disampaikan oleh guru dapat di mengerti atau di pahami oleh para siswanya. (*)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp